Hakim Batalkan Paket Kompensasi CEO Tesla Elon Musk Setara Rp 882,79 Triliun

Hakim Batalkan Paket Kompensasi Ceo Tesla Elon Musk Setara Rp 882 79 Triliun A707045.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Liputan6.com, Jakarta – Hakim di Delaware pada Selasa, 30 Januari 2024 membatalkan pembayaran kompensasi gaji CEO Tesla Elon Musk sebesar $56 miliar atau sekitar Rp 882,79 triliun (dalam USD dan Rp. Kurs sekitar 15.764).

Seorang hakim di Delaware memutuskan bahwa dewan direksi perusahaan tidak harus menunjukkan bahwa rencana kompensasinya “masuk akal” atau memberikan banyak bukti bahwa mereka memilihnya.

Dikutip dari CNBC Rabu (31/1/2024), saham Tesla turun 3% di tengah kabar putusan gugatan yang diajukan pemegang saham Tesla Richard Tornetta.

Hakim Catherine McCormick mengarahkan para pihak dalam gugatan tersebut untuk memutuskan perintah akhir apa yang akan diberikan kepada Elon Musk untuk membayar kembali pembayaran yang dia terima berdasarkan rencana tersebut.

Elon Musk dapat mengajukan banding atas keputusan ini ke Mahkamah Agung Delaware.

Dalam keputusannya setebal 200 halaman, McCormick mengatakan tawaran kompensasi Tesla pada tahun 2018 kepada Elon Musk adalah tawaran kompensasi terbesar dalam sejarah perusahaan publik. Pembayaran ini menjadikan Elon Musk menjadi miliarder dan orang terkaya di dunia.

Rencana tersebut memberi Elon Musk kesempatan untuk meningkatkan modalnya menjadi $50 miliar dan memiliki 12 opsi saham yang akan diberikan jika Tesla memenuhi target pendapatannya.

McCormick: “Apakah orang-orang terkaya di dunia membayar lebih? Para pemegang saham dalam gugatan perwakilan ini berpendapat bahwa para eksekutif Tesla menawarkan rencana kompensasi berbasis kinerja yang adil kepada Elon Musk.” “Mereka menuduh bahwa mereka melanggar kewajiban fidusia mereka dengan melakukan hal tersebut.”

“Pada akhirnya, Elon Musk memulai proses self-driving, mengatur kecepatan dan arah sesuai kebutuhannya, dan ternyata prosesnya gratis.

McCormick mengatakan Tornetta sedang mencoba untuk “menjalankan Tesla” dan bahwa proses yang mengarah pada persetujuan dewan atas gajinya “sangat cacat.”

Dia mengatakan Elon Musk memiliki “hubungan baik” dengan mereka yang memilih Tesla untuk paket tersebut, termasuk anggota organisasi yang terkait dengan Musk dan penasihat umum Todd Marron, mantan pengacara perceraian Musk.

“Tidak ada bukti yang lebih baik mengenai status Elon Musk sebagai direktur komunikasi independen selain sikap dewan terhadapnya selama proses menjelang proposal tersebut,” kata McCornick.

Dia mengatakan, sederhananya, komite dan dewan kompensasi tidak bertindak demi kepentingan terbaik perusahaan ketika memilih rencana kompensasi Elon Musk. “Kenyataannya adalah tidak ada bukti dari seluruh negosiasi,” katanya.

“Daripada berkonsultasi dengan Elon Musk atau pendapat pihak ketiga mana pun, komite kompensasi bekerja dengan Elon Musk dalam semacam kelompok penasihat,” tambahnya.

Elon Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar. Namun, Elon Musk menulis dalam postingan di X Platform, yang sebelumnya bernama Twitter, bahwa perusahaannya tidak boleh berbadan hukum Delaware.

Dalam postingan selanjutnya, dia menulis bahwa dia memulai jajak pendapat dengan bertanya, “Haruskah Tesla mengubah status manufakturnya ke Texas, tempat ia berkantor pusat?”

Pengacara Tornetta, Greg Ballaro, menyambut baik keputusan pengadilan dalam sebuah pernyataan.

“Kami sangat berterima kasih atas keputusan pengadilan dan sangat termotivasi untuk membatalkan kompensasi signifikan yang diberikan Mr. Musk kepada dewan direksi Tesla,” katanya.

“Kasus penting ini akan memberikan manfaat langsung bagi investor Tesla yang akan melihat obligasi berharga ini dilikuidasi,” kata Vararo.

Keputusan McCormick didasarkan pada penelitian Elon Musk, bukan dewan direksi atau pemegang saham pengendali Tesla, ketika menyangkut masalah penetapan gaji.

“Selain memiliki 21,9% saham, Elon Musk adalah CEO superstar teladan, memegang beberapa posisi paling berpengaruh dalam perusahaan (CEO, Ketua, Pendiri), menikmati hubungan dekat dengan direktur Tesla dan pemilik tempat kerja yang bertugas bernegosiasi “persetujuan dewan atas rencana pembayaran,” kata hakim.

Di sisi lain, kuasa hukum Elon Musk dan Tesla berpendapat bahwa keputusan pengadilan tidak memerlukan informasi yang baik dari pemegang saham karena pernyataan proksi merupakan pernyataan langsung dari CEO dan berisi informasi spesifik dan menyesatkan tentang proses tersebut. suaranya.

Awal bulan ini, Elon Musk meminta 25% hak suara kepada Tesla. Elon Musk saat ini memiliki 13% saham perusahaan.

“Saya tidak puas dengan pertumbuhan Tesla sebagai pemimpin di bidang AI dan robotika tanpa kontrol suara sebesar 25 persen. Hal ini berdampak besar, namun bukan berarti tidak bisa diubah,” katanya. Saya menulis tentang proyek ini.

Nilai situs media sosial ini sebelumnya dilaporkan kurang dari setengah dari apa yang Elon Musk bayarkan untuk menjual perusahaan media sosialnya, menurut sebuah laporan baru.

Dikutip dari Yahoo Finance, Selasa (31 Oktober 2023), Elon Musk mengakuisisi Twitter senilai $44 miliar atau sekitar Rp698,1 triliun. Nilai ini setara dengan US$54,20 per saham.

Akuisisi Twitter Inc. oleh Elon Musk selesai setelah berbulan-bulan perselisihan hukum dengan perusahaan tersebut.

Tinjauan internal baru menunjukkan nilai perusahaan telah turun 56% dalam 12 bulan terakhir, menurut dokumen internal.

Menurut laporan Fortune pada Senin, 30 Oktober 2023, XBase kini bernilai sekitar $19 miliar karena bonus yang diberikan kepada karyawan.

Elon Musk sebelumnya mengatakan platform media sosial diberi harga terlalu tinggi dalam apa yang disebutnya sebagai “reaksi balik”.

Dia mengatakan dia memberi tahu karyawan melalui email pada bulan Maret 2023 bahwa mereka akan menerima hadiah dalam bentuk saham yang dikaitkan dengan nilai perusahaan sebesar $20 miliar.

Nilai perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter telah anjlok karena banyak pengiklan terkemuka menarik diri dari kontroversi perusahaan tersebut.

Selain itu, kepemimpinan Elon Musk di platform ini terganggu oleh pembatalan massal dan pengenalan sejumlah fitur baru, termasuk verifikasi dan pemulihan akun yang sebelumnya ditangguhkan.

Perusahaan juga mengganti namanya menjadi X dan mengganti logo burung yang digunakan sejak platform dibuat dengan logo baru.

Kekhawatiran juga muncul mengenai pendekatan pengeditan konten yang dilakukan X, dimana Uni Eropa baru-baru ini membuka penyelidikan terhadap perusahaan tersebut karena menyebarkan informasi yang salah tentang perang Israel-Hamas di dalam yayasan tersebut.

Elon Musk mengatakan pada bulan Juli bahwa arus kas Perusahaan X masih buruk, pendapatan iklan turun 50% dan perusahaan terlilit hutang.

Bank-bank yang terlibat dalam pembiayaan kesepakatan akuisisi Twitter berupaya memitigasi dampak penurunan nilai aset neraca mereka.

Namun pemilik Tesla dan SpaceX tetap optimis tentang masa depan platform tersebut. Elon Musk mengatakan perusahaannya memiliki jalur yang jelas menuju valuasi $250 miliar.