Berapa Minimal Gaji Orang Tua Buat Daftar KIP Kuliah 2024? Ini Penjelasannya

Berapa Minimal Gaji Orang Tua Buat Daftar Kip Kuliah 2024 Ini Penjelasannya 3ff8f38.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Jakarta – Gaji minimal orang tua untuk mendaftar KIP Kuliah 2024? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sering terlintas di benak calon calon KIP Kuliah. bagaimana bisa? Tak heran, salah satu faktor terpenting dalam mendaftar KIP Kuliah adalah gaji orang tua atau wali.

Seperti diketahui, Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk perguruan tinggi dapat digunakan oleh siswa kelas 12 untuk meringankan biaya pendidikan. Mata kuliah KIP diluncurkan bersamaan dengan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPMB) 2024.

Siswa dapat menerima bantuan biaya sekolah dan uang saku untuk bersekolah di sekolah negeri atau swasta. Dan salah satu syarat untuk mendapatkan KIP Kuliah adalah gaji orang tua. Artikel ini khusus membahas informasi tentang syarat gaji orang tua untuk mendaftar KIP Kuliah 2024, simak yuk!

Gaji diwajibkan bagi orang tua Pelamar KIP Perguruan Tinggi

Sesuai Pedoman Pendaftaran Perguruan Tinggi Cerdas Indonesia – KIP Kuliah Merdeka 2024, calon peserta KIP Kuliah harus diberitahu mengenai batasan keuangan:

1. Anggota Program Bantuan Pendidikan Nasional berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

2. Dari keluarga peserta proyek Keluarga Harapan (PKH). 3. Keluarga pemegang Surat Keterangan Keluarga (KKS).

4. Siswa dari sekolah sosial/panti asuhan.

5. Siswa dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Apabila penerima tidak memenuhi salah satu dari lima kriteria di atas, ia tetap dapat mendaftar untuk menerima KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan kelayakan usaha tidak cukup sesuai aturan.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah pendapatan orang tua/wali paling banyak Rp4.000.000 per bulan atau jumlah pendapatan orang tua/wali dibagi paling banyak Rp750.000 dari anggota keluarga.

Uang Kuliah dan KIP Uang Kuliah KIP Uang Kuliah memberikan bantuan uang sekolah dan bantuan biaya sendiri.