BYD Jadi Mobil Listrik China yang Paling Sering Terbakar

Byd Jadi Mobil Listrik China Yang Paling Sering Terbakar Da64ad1.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Beijing, 19 Desember 2023 – Menurut Carnewschina, rata-rata 7 mobil listrik terbakar setiap harinya di China. Menurut infosurabaya.com Otomotif, sejak awal tahun 2022 sudah terjadi 680 kebakaran terkait kendaraan listrik di Tanah Air.

Di antara jumlah kebakaran mobil listrik yang diberitakan media yang terjadi antara tahun 2020 hingga 2022, BYD, Li Auto, XPeng dan NIO menjadi merek yang paling relevan. BYD mencatatkan 11 mobil, Li Auto 5 mobil, XPeng 4 mobil, dan NIO 1 mobil.

Penyebab kebakaran kendaraan listrik di China bermacam-macam, mulai dari faktor teknis, kelalaian manusia, hingga kecelakaan. Menurut Institut Teknologi Beijing (BIT), kebakaran kendaraan listrik sering terjadi di musim panas, dan terdapat 66% kejadian.

Kebakaran pada mobil listrik dapat menimbulkan banyak bahaya, baik bagi pemiliknya maupun orang di sekitarnya. Kebakaran yang disebabkan oleh baterai lithium-ion pada mobil listrik dapat mencapai suhu hingga 1.000 derajat Celcius sehingga sulit dipadamkan.

Pemerintah Tiongkok telah meningkatkan keamanan kendaraan listrik. Pada Juli 2022, pemerintah mengeluarkan peraturan baru yang mewajibkan produsen kendaraan listrik melakukan pemeriksaan keselamatan secara berkala.

Sebagai informasi, BYD merupakan produsen mobil listrik terbesar di China. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 oleh Wang Chuanfu, yang saat ini menjabat sebagai ketua dan CEO.

BYD awalnya memproduksi baterai lithium-ion untuk ponsel dan laptop. Namun pada tahun 2003, perusahaan ini mulai memproduksi mobil listrik.

Mereka telah meluncurkan beberapa model mobil listrik, mulai dari sedan, SUV hingga bus. Perusahaan ini juga mengekspor mobil listriknya ke banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Pada tahun 2022, BYD akan menjual lebih dari 1,5 juta mobil listrik di seluruh dunia. Hal ini menjadikannya produsen mobil listrik terbesar di dunia. BYD Optimis Atto 3 Pabrikan wanita populer di China, Build Your Dreams (BYD) resmi meluncur di Indonesia dengan tiga mobil listrik andalannya. Salah satu modelnya adalah Atto 3. Mobil jenis ini infosurabaya.com.co.id 1 Februari 2024