1.861 Peserta Ikut Seleksi UTBK SMM PTN Barat 2023 Digelar di USU

1 861 Peserta Ikut Seleksi Utbk Smm Ptn Barat 2023 Digelar Di Usu 128cd16.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Madan – Sebanyak 1.861 peserta mengikuti ujian tulis berbasis komputer Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Daerah (SMM PTN-BARAT) 2023 yang digelar di kampus Universitas Sumatera Utara (USU). Sedangkan pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 5 Juli 2023.

Ribuan peserta akan memperebutkan kuota 10 persen dari 40 persen kapasitas penerimaan SMM yang ditawarkan USU, atau total 2.137 kursi.

Presiden USU, Prof Dr Muryanto Amin, S.Sos, M.Si menjelaskan, pemilihan ini dilakukan oleh perguruan tinggi anggota BKS-PTN yang ada di Indonesia Barat.Sebagai salah satu dari 25 perguruan tinggi BKS PTN Barat, terdapat 1.301 peserta yang memilih di USU sebagai pilihan pertama mereka dan 1.309 peserta menempatkan USU sebagai pilihan kedua.

“USU menyediakan 18 ruang ujian yang tersebar di 3 lokasi yaitu gedung Pusat Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) dan Fakultas Teknik (FT),” kata Morianto, Selasa, 4 Juli 2023.

Penerapan UTBK dilakukan dalam dua sesi berbeda, yaitu sesi 1 yang dimulai pukul 07.30 WIB dan sesi 2 yang dimulai pukul 13.15 WIB. Materi yang diberikan pada soal-soal UTBK terdiri dari tes skolastik, tes membaca bahasa Indonesia, membaca bahasa Inggris dan penalaran matematika. Hasil Seleksi UTBK SMM PTN Barat akan dipublikasikan pada tanggal 18 Juli 2023.

Morianto mengatakan peninjauan berjalan lancar hingga hari terakhir. Termasuk jadwal ujian ini, siap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta.

“Saya sudah melihat situasinya, alhamdulillah berjalan lancar dan tidak ada kendala teknis yang tampak jelas. Insya Allah situasi ini bisa berlanjut hingga tanggal 5 Juli. Kami berharap semuanya berjalan sesuai harapan. SMM PTN di Ararat memiliki 25 perguruan tinggi. di wilayah barat yang bekerja sama, sehingga peserta dapat memilih 25 universitas ini sesuai keinginannya,” kata Morianto.

Terkait pembenahan sistem manajemen dan penjaminan mutu yang diterapkan pada Pemilu 2023, Prof Morianto menegaskan, Petunjuk Operasional Standar (POB) dan proses pengajuan evaluasi sudah sesuai dengan usulan Dirjen Kementerian. Pendidikan dan Kebudayaan, Korupsi, Komite Pemberantasan.

Proses penerimaannya juga transparan dan diterapkan di website penerimaan SMM Barat. Kita semua berharap semuanya berjalan lancar, tanpa hambatan, sesuai dengan keinginan kita semua, tegas Prof Morianto.

Sedangkan proses evaluasi hasil UTBK SMM PTN-BARAT Tahun 2023 dilakukan melalui proses CEEB (College Admission Board) yang dilaksanakan oleh Pengurus PTN-BARAT SMM 2023. Sesuai ketentuan terkait, wisuda Keputusan merupakan kewenangan dan tanggung jawab masing-masing Rektor PTN Barat, berupa Pengalihan standar berdasarkan nilai UTBK yang diterima peserta.

Skor seluruh peserta pada pilihan yang sama diurutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil. Selanjutnya hasil nilai UTBK akan digunakan oleh Rektor PTN peserta SMM PTN-BARAT 2023 untuk menentukan kelulusan sesuai dengan instruksi PTN terkait. UTBK dilaksanakan serentak oleh 25 PTN yang tergabung dalam BKS-PTN Wilayah Barat. Sejumlah pejabat senior memaparkan keberhasilan pemerintahan Jokowi selama lebih dari 9 tahun. Presiden Universiti Muhamediya Purwokerto (UMP) Jabul Soroso mengatakan, Jokowi berkontribusi banyak bagi Indonesia, terutama dalam menangani COVID-19. infosurabaya.com.co.id 3 Februari 2024