Bonus Demografi Diprediksi 6 Tahun Lagi, Menkes Singgung 2 Hal Penting Ini

Bonus Demografi Diprediksi 6 Tahun Lagi Menkes Singgung 2 Hal Penting Ini 5d4c5ad.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

infosurabaya.com Lifestyle – Indonesia diperkirakan akan mengalami era pertumbuhan penduduk antara tahun 2030 hingga 2040. Artinya, jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) akan lebih tinggi dibandingkan penduduk usia non-produktif (65 dan 65 tahun ke atas). lebih) dan mencakup lebih dari 60 persen total penduduk Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bonus penduduk ini merupakan peluang besar bagi Indonesia untuk menjadi negara maju.

Menkes mengatakan, situasi untuk membawa negara ke tingkat ekonomi yang lebih tinggi sudah jelas, yakni meningkatkan pendapatan setiap orang. Yuk lanjutkan browsing artikel selengkapnya di bawah ini.

“Kalau mau maju, mudah, jelas, ekonomis, kriterianya sama. Pendapatan setiap orang harus lebih dari 13 ribu USD. Kita harus naik 3 kali lipat karena kita 4,700 USD, rata-rata pendapatannya 15 Rp juta per bulan. Mau, sekarang kita dapat Rp 5 juta per bulan. “Kalau masih kurang dari Rp 15 juta per bulan berarti kita belum menjadi negara maju,” ujarnya kepada awak media pada kegiatan pendirian fasilitas manufaktur radioisotop dan radiofarmasi di kantor Calventis Synergy Pharma saat ditemui, Jakarta Timur, Kamis 1 Februari 2024.

Lebih lanjut Menteri Kesehatan Budi menjelaskan, ada dua cara untuk meningkatkan rata-rata pendapatan masyarakat hingga Rp 15 juta per bulan. Pertama, masyarakat Indonesia harus sehat dan kedua, masyarakat Indonesia harus cerdas.

“Jadi harus sehat dulu, kalau sehat dan pintar bisa jadi dokter dan gajinya bisa lebih dari Rp 15 juta. Jika Anda tidak sehat dan tidak pintar, apa yang akan Anda lakukan? “Kalau pekerja, pekerja kasar, tidak mungkin (gaji) Rp 15 juta,” ujarnya.

Ia menambahkan, “Makanya kita harus pintar dan sehat, dan peluangnya lebih besar saat bonus demografi, karena di situlah orang-orang paling produktif.” Lalu, kata dia, banyak orang lanjut usia.

Menkes mengungkapkan, jumlah penduduk Indonesia semakin bertambah karena melebihi jumlah orang dewasa. Sehingga akan semakin sulit mencapai kriteria pendapatan rata-rata Rp 15 juta per bulan.

“Apakah batasan Rp 15 juta itu bisa kita tembus? Boleh saja, tapi lebih sulit, karena usia produksinya pendek, puncak demografi kita akan terjadi 6 tahun ke depan, jangan salah pilih pemimpin, apalagi. Kesehatan dan Pendidikan dan Jangan memilih menteri kebudayaan yang buruk. “Jika kita tidak mendapatkan $13.000 setelah enam tahun, peluangnya akan lebih sulit,” tambahnya.

Menkes menjelaskan, jika hal ini tidak dilakukan, maka masyarakat akan berbuat dosa kepada anak cucu generasi penerus.

“Itu adalah dosa yang kita lakukan kepada anak cucu kita. “Jika kita tidak bisa memberikan mereka kesempatan untuk hidup progresif seperti Amerika atau Korea, maka salah kita yang tidak menjadikan anak-anak kita sehat dan pintar sehingga pendapatannya tidak melebihi Rp 15 juta,” ujarnya. Menkes menganggarkan 21 PET SCAN kanker di 21 rumah sakit sebelum masa jabatannya berakhir.Kanker merupakan masalah kesehatan terbesar ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung. Jika didiagnosis sejak dini, masalah kanker ini bisa diatasi. infosurabaya.com.co.id 1 Februari 2024