Elkan Baggott dan Boyle Bantu Australia Unggul 0-2 di Babak Pertama 16 Besar Piala Asia 2023

Elkan Baggott Dan Boyle Bantu Australia Unggul 0 2 Di Babak Pertama 16 Besar Piala Asia 2023 42d17ab.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Timnas Indonesia untuk sementara tertinggal 0-2 dari Australia pada leg pertama babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Minggu (28/1/2024) malam WIB. Adalah Elkan Baggott, yang sebenarnya membawa Socceroos unggul setelah pertandingan baru berjalan 12 menit.

Timnas Indonesia mengawali laga dengan penuh percaya diri. Hal itu terlihat pada 10 menit pertandingan.

Indonesia berhasil menciptakan peluang pada menit ketujuh melalui kaki Rafael Struick. Namun tendangan pemain berusia 20 tahun itu masih melambung tipis di atas mistar gawang Australia.

Pada menit ke-12, Australia menemui suporter timnas Indonesia. Berawal dari serangan dari sisi kiri pertahanan Indonesia, Jackson Irvine yang menusuk ke jantung pertahanan tim Merah Putih lalu mengirimkan umpan.

Sayangnya, tembakan Irvine membentur kaki Elkan Baggott dan membelokkan bola sehingga sulit dihalau oleh Hernando Ari. Skor berubah menjadi 0-1 untuk keunggulan Australia.

Tertinggal satu gol, Indonesia coba membalas. Namun setiap serangan yang dilancarkan selalu gagal di kaki bek Australia.

Sebaliknya, Australia mampu menambah gol kedua lewat gol Boyle pada menit 45+2. Hingga babak pertama berakhir, skor 0-2 untuk keunggulan Australia. Berdasarkan statistik pertandingan di 45 menit pertama, Indonesia mampu menunjukkan perlawanan kuat.

Dari segi penguasaan bola, Indonesia kalah 45 persen berbanding 55 persen. Namun Skuad Garuda berhasil menciptakan empat peluang emas.

Salah satunya mengancam gawang Australia melalui tembakan keras Hubner dari luar kotak penalti. Namun tembakannya masih bisa diselamatkan oleh kiper lawan.