Ingatan Nani Wijaya Disebut Menurun, Ketahui Penyebab dan Hubungannya dengan Usia Tua

Ingatan Nani Wijaya Disebut Menurun Ketahui Penyebab Dan Hubungannya Dengan Usia Tua E168367.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Suara.com – Putri artis besar Nani Wijaya, Nina Kartika, mengungkapkan bahwa ibunya baik-baik saja setelah berbagai video penampilan ibunya. Seperti diketahui, baru-baru ini asisten rumahnya mengunggah video Nani Wijaya yang terlihat kurus dan lesu tanpa jilbab.

Gara-gara video tersebut, netizen berspekulasi Nani Wijaya sedang sakit. Namun pada akhirnya, Nina Kartika mengungkap aktris pemeran Ema di sinetron Tukang Bubur Naik Haji itu baru saja bangun dari tidurnya saat membuat video ART.

– Syukurlah, seperti teman, bukan? Sehat dan bugar, tanpa ada yang terlewat. Bagaimana perasaan Anda saat bangun tidur? “Rambutnya masih acak-acakan, masih belum terawat, masih pakai piyama,” kata Nina Kartika saat ditemui di rumahnya kawasan BSD, Jumat (14/10/2022). Bintang serial komedi Bajaj Bajuri seperti Rieke Diah Pitaloka Fany Fadilan dan lainnya mengunjungi aktor senior Nani Wijaya di kediamannya kawasan BSD, Tangsel pada Jumat (14/10/2022). [Rena Pangesti/Suara.com]

Nina Kartika menegaskan, sosok Nani Wijaya selama ini dalam keadaan sehat dan bugar. Nani Wijaya terkadang mengalami kendala pada kemampuan otaknya dalam mengingat berbagai hal. Menurut Nina, hal tersebut merupakan hal yang wajar, apalagi usia Nani Wijaya sudah tidak muda lagi.

“Kalau orang yang lebih tua, wajar kalau ada sedikit penurunan (ingatan). Kalau di video dibilang bingung, betul. Pasti berbeda-beda tergantung usia pengambilan gambar. beda,” jelas Nina Kartika.

Dalam dunia kesehatan sendiri, permasalahan keputihan di usia tua memang ada kaitannya. Menurut Helpguides dikatakan bahwa bertambahnya usia akan mempengaruhi perubahan fisiologis sehingga menyebabkan gangguan pada fungsi otak.

Namun, tidak sepenuhnya benar jika seseorang menjadi tua maka otomatis ia akan kehilangan ingatannya. Pasalnya, otak mampu menghasilkan sel-sel baru pada usia berapa pun. Sedangkan kehilangan ingatan seringkali disebabkan oleh faktor lain, seperti gaya hidup, kebiasaan, dan lain-lain.

Sementara itu, beberapa penyebab seseorang mengalami kehilangan ingatan di usia tua antara lain: Gangguan pada hipokampus, yaitu area otak yang terlibat dalam pembentukan dan pengambilan ingatan. Bagian ini semakin memburuk seiring bertambahnya usia.Hormon dan protein yang melindungi dan memperbaiki sel-sel otak serta merangsang pertumbuhan saraf menurun seiring bertambahnya usia. Orang lanjut usia juga menderita berkurangnya aliran darah ke otak, yang dapat mengganggu daya ingat. Tak hanya itu, kondisi ini juga berdampak pada perubahan kemampuan kognitif.

Hilangnya ingatan akibat penuaan juga ternyata berbeda dengan demensia atau Alzheimer. Hal-hal yang biasanya terlupakan juga bersifat ringan, mulai dari lupa menambahkan sesuatu, lupa nama, janji, mudah teralihkan atau sedikit kesulitan dalam memahami suatu hal.