Sempat Bikin Heboh, Begini Sederet Fakta Saranjana Kalimantan yang Bikin Bulu Bergidik

Sempat Bikin Heboh Begini Sederet Fakta Saranjana Kalimantan Yang Bikin Bulu Bergidik 6042ce7.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Jakarta – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Kota Saranjana bukan? Kalau iya, yuk kenali kota ini lebih dalam. Meski belum mengetahuinya, lebih baik Anda membaca artikel berikut ini untuk menikmati ulasan yang dijamin akan membuat bulu kuduk Anda merinding.

Kota Saranjana

Kota Saranjana membuat heboh warga Twitter beberapa waktu lalu. Hal ini bermula saat Gusti Guna berbagi cerita tentang keberadaan kota Saranjan. Saking menariknya perbincangan soal Kota Saranjani sukses menghebohkan warga Twitter.

Berdasarkan informasi dari Gusti Guna, ia melakukan pencarian selama dua minggu di Kota Saranjan Kalimantan. Pasalnya, wali setempat menganggap kota ini sebagai titik perbatasan antara dunia manusia dan dunia gaib.

Kisah legendaris di balik kota Saranjan pun membuat penasaran masyarakat. Apalagi keberadaan kota ini begitu misterius hingga ternyata tidak tercatat di peta Indonesia.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut kami bagikan sederet fakta kota misterius Saranjan di Kalimantan.

Pernah ditemukan di peta kuno

Bukan di peta Indonesia, siapa sangka kota Saranjan justru ditemukan di peta kuno. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Saranjana ada di wilayah Kalimantan Selatan. Kota ini terletak di Desa Oka-oka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru.

Ada sejumlah bukti nyata keberadaan kota Saranjan, mulai dari peta hingga kamus, yang dihasilkan pada masa Hindia Belanda.

Kota yang tak terlihat

Saranjana sering disebut dengan kota ajaib yang artinya kota yang tidak tercatat di peta Indonesia. Namun masyarakat Kalimantan percaya akan keberadaan mereka.

Bagi masyarakat setempat, Saranjana disebut sebagai kota tak kasat mata dan masyarakat awam tidak bisa melihatnya kecuali dengan pikiran. Bahkan, peradabannya dikatakan sangat maju dengan deretan bangunan besar bak kota impian.

Sulit untuk menjangkau orang-orang biasa

Kota Saranjan memang membuat banyak orang penasaran. Kota ini masih menjadi misteri bagaimana menuju ke sana. Ada yang mengatakan bahwa kota ini terletak di dimensi paralel yang sulit dijangkau oleh orang awam.

Dalam thread @GustiGina disebutkan ia menemui 20 orang saksi yang masuk ke Kota Saranjana. Ada salah satu saksi yang meski berhasil kembali dengan selamat, namun saat itu mengalami gangguan jiwa.

Asal nama Saranjan

Saranjana, Sarangjana atau Serandjana dalam catatan naturalis Belanda mempunyai kemiripan dengan Sarangtiung. Saranjana terletak di bagian selatan Pulau Laut, sedangkan Sarangting di bagian utara.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menggambarkan kesamaan dan hubungan ini. Namun berdasarkan analisis kebahasaan, tempat ini terbukti memiliki unsur ‘nesters’.

Dibandingkan dengan kosakata India, “Saranjana” berarti negara tertentu. Namun pendapat tersebut masih logis dan belum ditemukan bukti mendasar.

Dihuni oleh Astral Makhkulk

Kota Saranjana diketahui dihuni oleh makhluk astral tak kasat mata. Namun pendapat lain menunjukkan bahwa penduduk kota ini sebenarnya adalah manusia, namun telah menjadi sosok gaib. Cukup menakutkan, bukan?

Dari pendapat berbagai orang yang mengaku pernah berkunjung ke kota Saranjan, terungkap bahwa kota ini memang sangat maju dan modern. Jalan-jalan lebar, gedung-gedung megah, dan sistem kota canggih yang digunakan membuat semua orang takjub.

Dengan bentuk pemerintahan kerajaan, konon mayoritas penduduk di kota tersebut menganut agama Islam.

Klaim buah raksasa

Ini mungkin mengejutkan Anda. Di sini, menurut beberapa sumber, semua buah berukuran besar atau sangat besar. Jenis buahnya sendiri mirip dengan buah yang dikenal di dunia saat ini, namun ukurannya tidak wajar.

Suara-suara aneh di malam hari

Fakta keempat tentang kota Saranjana adalah pada malam hari beberapa orang tertentu dapat mendengar suara-suara di Gunung Saranjana, dimana konon kota Saranjana berada. Suaranya bermacam-macam, mulai dari musik hingga kendaraan yang lewat.

Itulah sekilas fakta tentang kota Saranjana, kota misterius yang konon berada di wilayah Kalimantan dan memiliki peradaban yang lebih maju.

Terkait dengan legenda Gunung Sebatung

Keberadaan kota ajaib bernama Saranjana juga dikaitkan dengan kisah legendaris asal usul Gunung Sebatung di Kalimantan. Dahulu kawasan Pulau Laut berada di bawah kekuasaan Kerajaan Halimun yang dipimpin oleh Raja Pakurindang.

Sejarawan ULM Mansyur menceritakan legenda setempat tentang terciptanya Gunung Sebatung. Konon Raja Pakurindang mempunyai dua orang anak, Samba Ranjan dan Samba Batung, yang sering bertengkar.

Raja pun ingin mengakhiri perseteruan kedua putranya dengan membagi wilayah kekuasaan mereka. Sambu Batung akhirnya menguasai kerajaan manusia yang kemudian menjelma menjadi Gunung Sebatung.

Sedangkan Sambu Ranjana mengambil jalan berbeda. Ia tidak mau pergi bersama saudaranya, maka ia membangun kota Saranjana di dunia gaib. Pembangunan Bandara Singkawang capai 95 persen selesai, kata Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengungkapkan pengembangan Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat sudah mencapai 95 – infosurabaya.com.co.id 30 Januari 2024