Cara Cek IMEI yang Disadap Pinjol, Ikuti Langkahnya Supaya Aman

Cara Cek Imei Yang Disadap Pinjol Ikuti Langkahnya Supaya Aman 68bb8ce.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

JAKARTA – Mengetahui cara cek IMEI yang diklik Pinjol penting dilakukan karena saat ini OJK menyebut Pinjol memiliki akses legal terhadap kamera, mikrofon, dan lokasi sehingga memungkinkan mereka mengakses IMEI.

Nomor Peralatan Seluler Internasional, atau IMEI, pada dasarnya adalah sistem yang memungkinkan ponsel diautentikasi dengan jaringan seluler atau melacak perangkat yang hilang.

Jadi jika ada yang menyadap IMEI, orang tersebut mengetahui di mana pemilik perangkat tersebut tinggal.

Namun dari kasus sebelumnya, penyadapan IMEI ini hanya terjadi pada pengguna layanan pulsa. Karena biasanya banyak pemberi pinjaman yang menanyakan nomor IMEI sebelum memberikan uang.

Jika Anda dihadapkan pada hutang jenis ini, sebaiknya Anda tidak mengambil langkah lebih jauh dan mencari pinjaman lain.

Jika hal ini sudah terjadi, biasanya siapapun yang memberikan nomor IMEI akan menerima pesan dan panggilan aneh, dan akan muncul beberapa perubahan yang tidak diketahui di ponselnya.

Cara Cek IMEI Pinjol Tersadap

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda sudah di-jailbreak atau tidak, Anda perlu memeriksa status IMEI menggunakan cara berikut.

– Buka “Pengaturan” atau “Pengaturan”.

– Pilih opsi “Tentang ponsel” atau “Tentang ponsel”.

– Copy nomor IMEI yang ada

– Kunjungi website Kementerian Perindustrian untuk mengetahui aktif atau tidak

– Jika IMEI sudah terdaftar maka akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kementerian Perindustrian”.

Setelah itu, cobalah menghubungi operator jika mencurigai ada tanda-tanda penyadapan. Kemudian operator akan membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Agar aman dan memindai keamanan IMEI Anda, coba instal aplikasi keamanan dari Play Store atau Apple Store.

Kuncinya adalah jangan membagikan nomor IMEI pribadi Anda kepada siapapun agar tidak disalahgunakan nantinya.

Cara Cek IMEI Pinjol Disadap Perlu anda ketahui bahwa cara tes ini tidak bisa mengetahui secara pasti apakah IMEI disadap atau tidak. Jadi seseorang harus mengetahui gejala gangguan pendengaran.