China Jual Bebas Drone Mirip Buatan Iran secara Online

China Jual Bebas Drone Mirip Buatan Iran Secara Online 2d3c465.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

BEIJING – Sebuah perusahaan asal China menjual drone seharga 406.068 yuan di situs ritel online. Drone yang dijual secara online mirip dengan drone buatan Iran.

Seperti diberitakan Vion News, Jumat (19/1/2024), drone tersebut mirip dengan drone Shahed buatan Iran yang digunakan beberapa kekuatan militer, termasuk Rusia, dalam perang di Ukraina.

Drone XHZ-50 diproduksi oleh Sunlipo Energy Shenzhen Co.

Pengguna media sosial Byron Wayne mengungkapkan tentang drone di platform X. Ia membagikan spesifikasi drone Iran yang tampilannya hampir identik dengan XHZ-50.

Kendaraan udara tak berawak jarak jauh Shahed dikembangkan oleh Perusahaan Industri Manufaktur Pesawat Udara (HESA) Iran pada tahun 2021 dan mampu membawa 36 kilogram bahan peledak.

Ia mampu terbang hingga 2.500 kilometer dan memiliki kecepatan maksimal 135 kilometer per jam. Drone tersebut memiliki berat 200 kilogram, panjang 3,5 meter, dan lebar sayap 2,5 meter.

Drone XHZ-50 memiliki berat 68,03 kilogram dan menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Itu dapat dikontrol dari jarak jauh dan memiliki fitur lain yang mirip dengan Shahed.

Namun, awalnya hanya mungkin untuk memesan satu set, yang telah ditarik dari situs retail Alibaba.