Hati-Hati Nyeri Bahu Tak Kunjung Hilang Selama 2 Hari, Waspada Komplikasi Kelumpuhan

Hati Hati Nyeri Bahu Tak Kunjung Hilang Selama 2 Hari Waspada Komplikasi Kelumpuhan 9bd5132.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

JAKARTA – Stiff shoulder adalah nyeri dan kaku pada bahu yang membuat pasien kesulitan menggerakkan sendi bahu atau lengan atas. Bahu beku terjadi ketika kapsul pelindung mengering karena cedera atau paparan yang terlalu lama. Akibatnya, keselarasan bahu akan berkurang.

Ahli saraf, Dr. Zicky Yombana, Sp.S mengungkapkan penyebab frozen shoulder biasanya disebabkan oleh kesalahan manusia yang sederhana. Misalnya, ketika Anda sedang duduk di dalam mobil dan mencoba meraih sesuatu di kursi belakang tetapi tidak tersedia.

Karena situasi ini, mereka akhirnya membuat tangan mereka terulur lebih jauh.

“Saya sudah lama duduk di bahu yang beku,” ujarnya di tvOne Healthy Living, Kamis 11 Januari 2024.

Selain itu posisinya duduk sambil bersandar dengan kaki lurus. Zicky mengungkapkan, posisi tersebut memberikan tekanan pada leher, bahu, dan paha sehingga menyebabkan cedera leher.

Penting, kata Zicku, memeriksakan diri ke dokter jika nyeri leher dan bahu tidak kunjung hilang selama dua hari meski sudah minum obat pereda nyeri. Sebab, kata dia, jika tidak dijaga bisa merugikan seseorang.

Tubuh mempunyai alarm, yaitu rasa sakit. Jadi bila nyeri tidak kunjung membaik, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Saat itu, Zicky juga membeberkan sedikit tips menghindari cold call. Yang pertama dan terpenting adalah memperbaiki kondisi tubuh kita, karena frozen shoulder muncul akibat kesalahan kecil yang dilakukan masyarakat seperti yang disebutkan sebelumnya.

Kedua, jangan malas, harus bergerak. 5 Risiko Diabetes pada Anak Muda: Mengulas Risiko dan Dampaknya Bagi Kesehatan Diabetes bukan hanya menjadi masalah bagi orang dewasa saja. Jumlah penderita diabetes pada usia muda semakin meningkat karena perubahan gaya hidup. infosurabaya.com.co.id 24 Januari 2024