Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Icon of The Seas Dituding Bahayakan Alam

Kapal Pesiar Terbesar Di Dunia Icon Of The Seas Dituding Bahayakan Alam Dd11d84.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Icon of the Seas Royal Caribbean, yang mungkin merupakan kapal pesiar terbesar di dunia, melakukan pelayaran perdananya akhir pekan lalu. Meski begitu, para pemerhati lingkungan menekankan bahaya kapal pesiar.

Aktivis lingkungan khawatir kapal yang menggunakan bahan bakar gas alam cair (LNG) akan melepaskan metana berbahaya ke atmosfer. Mereka juga mengklaim bahwa wisatawan menghasilkan emisi karbon dioksida delapan kali lebih banyak di kapal pesiar dibandingkan saat bepergian di darat.

Dikutip Selasa (30/1/2024), CBC News menyebutkan Icon of the Seas, dengan enam mesin bahan bakar ganda, dapat ditenagai oleh gas alam cair. Asosiasi Kapal Pesiar Internasional mengklaim bahwa LNG dapat mengurangi emisi sulfur dan gas rumah kaca.

Royal Caribbean juga mengatakan bahwa setiap kilowatt yang digunakan pada Icon of the Seas telah dipelajari untuk efisiensi energi dan pengurangan emisi. Namun, hal ini tidak menghilangkan kekhawatiran dan tudingan para aktivis terhadap kapal pesiar yang berukuran hampir empat blok tersebut.

Ikon laut ini membentang hampir 365 meter dari haluan hingga ujung. Pada Selasa pekan lalu, Royal Caribbean membuka kapal bersama legenda sepak bola Lionel Messi dan rekan satu timnya di Inter Miami. Kapal berangkat dari Miami untuk perjalanan keliling pulau selama tujuh hari ke daerah tropis.

Mengangkut hingga 7600 penumpang…Lanjutkan membaca>>