Kecelakaan Maut Avanza Terbelah Dua karena Skandal Keselamatan Daihatsu? Ini Kata Toyota

Kecelakaan Maut Avanza Terbelah Dua Karena Skandal Keselamatan Daihatsu Ini Kata Toyota 80d8734.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebuah mobil Toyota Avanza Velos terbelah dua setelah menabrak tiang reklame dalam kecelakaan maut di Padang Pariaman, Sumatera Barat (Samba). Kecelakaan itu terjadi beberapa minggu setelah skandal Daihatsu yang melibatkan model Toyota Avanza terkait keselamatan.

Apakah terjadi kecelakaan serius akibat pemeriksaan keselamatan yang dilakukan Daihatsu tidak dilakukan dengan baik?

Menurut Anton Jimi, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), kecelakaan maut yang membelah Avanza menjadi dua bukan disebabkan oleh skandal Daihatsu terkait uji keselamatan yang melibatkan model Avanza. “Kami sudah selidiki dan tidak ada hubungannya dengan masalah uji keselamatan Daihatsu,” kata Anton kepada Republik, Kamis (11/1/2023) malam.

Ternyata, skandal Daihatsu terkait uji keselamatan berdampak pada total 66 model Daihatsu selain 12 model mobil yang dipasarkan Toyota. Ini termasuk Avanza dan Veloce. Berbeda dengan Thailand yang mewajibkan Toyota melakukan uji ulang produk Veloce, pihak berwenang di Indonesia tidak mewajibkan Toyota atau Daihatsu melakukan uji ulang keselamatan.

Anton mengatakan Toyota sedang menyelidiki kecelakaan itu. Masalah yang disayangkan Avanza adalah airbag tidak mengembang jika terjadi kecelakaan. “Yang tipe Avanza sedang kami selidiki,” ujarnya. Semua varian Avanza tidak memiliki airbag kursi penumpang. Hanya ada dua di depan.