Menkes Tarik Penjualan Obat Sirup, Ketahui 4 Cara Atasi Batuk Pilek Anak Tanpa Obat

Menkes Tarik Penjualan Obat Sirup Ketahui 4 Cara Atasi Batuk Pilek Anak Tanpa Obat Cccd76a.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Suara.com – Saat anak mengalami batuk dan pilek, orang tua mengobatinya untuk mengurangi gejala yang dialaminya. Pada anak kecil biasanya diberikan sirup yang mengandung parasetamol.

Namun dugaan sirup tersebut menjadi penyebab penyakit ginjal akut yang misterius menyebabkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Indonesia untuk sementara waktu melarang penjualan obat tersebut. Maka dari itu, orang tua dimohon untuk tidak memberikan obat manis sementara kepada anak.

“Seluruh apotek untuk sementara tidak menjual obat bebas dan/atau obat bebas terlarang dalam bentuk sirup kepada masyarakat sampai ada pengumuman resmi dari pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis Kementerian. SE Kesehatan diperoleh Suara.com, Rabu (19/10/2022). Ilustrasi obat sirup (Dok. Envato Elements)

Meski tidak bisa memberikan obat pada anak, gejala batuk dan pilek jelas bisa diatasi dengan berbagai hal. Mengutip laman Halodoc, berikut beberapa cara meredakan batuk dan pilek tanpa obat.

Jagalah agar tubuh anak Anda tetap terhidrasi

Untuk mengurangi batuk dan pilek, orang tua bisa menjaga anak tetap terhidrasi. Cairan yang masuk ke dalam tubuh akan membantu melembapkan tenggorokan yang gatal akibat batuk. Selain itu, cairan tersebut juga dapat meredakan hidung tersumbat saat sedang pilek. Inilah mengapa menjaga tubuh tetap terhidrasi saat batuk dan pilek adalah hal yang penting.

Air hangat dianjurkan untuk asupan cairan. Namun, Anda bisa mencoba minuman lain seperti jus, sup, air dengan madu, dan lemon. Hindari juga minuman beralkohol, minuman bersoda dan kopi karena kandungan kafeinnya dapat menyebabkan dehidrasi.

Istirahat yang cukup

Cara meredakan batuk dan pilek lainnya adalah dengan memberikan tubuh istirahat yang cukup. Memberikan tubuh istirahat yang cukup membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. Ini juga membantu mengurangi gejala batuk dan pilek.

Gunakan obat herbal

Obat-obatan asli seringkali mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Untuk menyembuhkan diri sendiri, dapat menggunakan obat-obatan herbal agar gejala yang dialami hilang.

Obat herbal banyak digunakan, salah satunya adalah berkumur dengan air garam hangat. Air garamnya sendiri dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan dan gatal-gatal untuk sementara. Selain itu, masih banyak ramuan herbal lainnya seperti jahe, madu, lemon, dan lain-lain yang dapat membantu mengurangi gejala batuk dan pilek.

Gunakan pelembab

Humidifier akan menjaga kelembapan ruangan. Selain itu, humidifier juga berguna untuk melegakan hidung tersumbat. Namun air yang digunakan harus diganti setiap hari. Agar tidak mencemari udara dan menyebarkan penyakit. Selain menggunakan humidifier, Anda juga bisa menggunakan uap hangat untuk melegakan hidung agar tidak tersumbat.