Temukan Mata Air Tersembunyi, Joko Sulistyo Selamatkan Desa Pucung dari Kekeringan

Temukan Mata Air Tersembunyi Joko Sulistyo Selamatkan Desa Pucung Dari Kekeringan Cb3a478.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Wonogiri – Anggota KMP Giri Bahama sekaligus pecinta alam Joko Sulistye dari Universitas Muhammadiyah Solo menjelajahi 13 gua untuk mencari tambahan sumber air bagi warga yang dilanda kekeringan.

Upaya penjelajahan 13 gua tersebut dilakukan Joko karena menyayangkan penderitaan masyarakat Desa Pukung, Kecamatan Eromoko, Wilayah Wonogiri, Jawa Tengah, yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Di sana, warga hanya mengandalkan satu mata air yang tidak banyak airnya. Oleh karena itu, banyak warga yang harus mencari sumber alternatif jauh dari desa. Menurut Joko, warga desa harus berjalan beberapa kilometer untuk mendapatkan air sebanyak 10-20 liter saja.

Saat puncak musim kemarau, ribuan warga di Kabupaten Wonogiri dan Gunung Kidul terpaksa membeli air minum dari Kota Yogyakarta. Di Desa Pukun, situasi tersebut dirasakan 544 kepala keluarga atau 2.350 jiwa.

Joko di Jakarta, Jumat 26 Oktober 2023. Mandi saja bukan berarti sehari sekali, ujarnya melalui keterangan tertulis.

Setelah memasuki 13 gua, Joko menemukan hanya satu gua yang memiliki air. Gua – Gua Surukh.

“Di sini ada 13 gua dan ketika saya masuk ke Gua Suruh, saya menemukan ada sungai di dalamnya. “Satu-satunya gua yang ada airnya,” jelasnya.

Kemudian Joko bercerita kepada warga desa bahwa air dari gua Surukh bisa diangkat ke atas bukit dan menjadi sumber air tambahan bagi warga desa.

Namun, Joko menghadapi kesulitan mendapatkan air ke desa tersebut. Keadaan diperparah dengan tidak ada satupun warga desa yang berani memasuki gua Surukh.

Joko kemudian mengajak Ashari, Kepala Desa Pukung, untuk melihat langsung air yang ada di dalam gua tersebut. Usai mengambil foto, mereka memberi tahu warga desa di mana sumber air itu berada. Warga ingin bekerja sama hingga akhirnya bisa tinggal bersama.

Warga turut menyumbang energi, aparat desa mencari dana dari APBD, teman-teman Jocko dan Geary di Bahamas menyumbangkan keahlian, pemikiran, dan waktu untuk mewujudkan proyek tersebut, dan para donatur pun mampu menggalang dana.

Air tersebut kini dapat diangkat ke menara air yang dipasang di atas bukit hingga mengalir ke Desa Pukung. Berkat itu, warga bisa mendapatkan air dari waduk-waduk di sekitar desa kapan saja.

Berkat usaha dan ketekunan Joko, ia dianugerahi SATU Indonesia Awards Bidang Lingkungan Hidup 2013. Program ini digagas Astra dengan tujuan untuk melibatkan generasi muda Indonesia dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat nusantara. Tinjau Pasar Kota Wonogiri, Jokowi: Harga Bagus, Beras Ringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah, Kamis, 1 Februari 2024. Menurut dia, harga bahan pokok di pasaran cukup baik. infosurabaya.com.co.id 1 Februari 2024