Capai Homologasi, Erick Thohir Berhasil Selamatkan Rekind dari Pailit

Capai Homologasi Erick Thohir Berhasil Selamatkan Rekind Dari Pailit 0d282dd.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir menyambut positif kesepakatan damai atau homologasi PT Rekayasa Industri atau Rekind dengan kreditur dalam proses restrukturisasi melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). Eric mengatakan, hasil pemungutan suara yang mayoritas pemberi pinjaman menyetujui persetujuan tersebut, merupakan keyakinan yang dibutuhkan Rekind untuk melunasinya dengan hasil yang lebih baik ke depan.

“Alhamdulillah perjanjian perdamaian PKPU Rekind (homologasi) disetujui pengadilan. 222 dari total 229 pemberi pinjaman atau hampir 97 persen menyetujui homologasi tersebut,” kata Eric di Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Eric mengatakan keputusan ini merupakan langkah baru anak usaha Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) untuk melakukan transformasi menyeluruh. Eric mengatakan, Rekind kini bisa fokus melanjutkan proses restrukturisasi dan menyelenggarakan aksi korporasi yang lebih baik ke depannya.

“Dengan perdamaian PKPU ini, berarti Rekind bisa melanjutkan proses restrukturisasi dan transformasinya,” kata pria kelahiran Jakarta itu.

Eric sejak awal menegaskan komitmennya dalam menyelamatkan Rekind. Menurut Eric Rekind yang memiliki kekuatan di sektor inovasi engineering, pengadaan dan konstruksi (EPC), memiliki peran penting dalam mendukung proyek strategis nasional (NSP).

“Kami dari awal ingin memajukan Rekind karena tentunya kami tidak ingin kehilangan tulang punggung inovasi Indonesia seperti Rekind,” lanjut Eric.

Diakui Eric, penyelesaian permasalahan Rekind tidak mudah karena kesalahan manajemen di masa lalu yang menyebabkan rumitnya keuangan perusahaan saat ini. Namun lambat laun ia mulai menyelesaikan satu per satu permasalahan yang timbul di Rekind agar memiliki kinerja dan operasional yang sehat dan profesional.

“Kami berkomitmen untuk mencari solusi dan solusi, mulai dari restrukturisasi hingga transformasi bisnis. Alhamdulillah, kami berharap persetujuan tersebut menjadi dorongan bagi Rekind untuk menata usahanya lebih baik dan profesional,” kata Eric.