Tidak Punya Riwayat Kanker, Apakah Sudah Pasti Bebas Risiko?

Tidak Punya Riwayat Kanker Apakah Sudah Pasti Bebas Risiko 66b64b4.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

JAKARTA – Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti masyarakat. Pasalnya, penyakit ini seringkali berujung pada kematian dan dapat berkembang di berbagai bagian tubuh.

Penyakit ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak normal dan kemampuannya menyebar ke bagian tubuh lain sehingga menyebabkan berbagai jenis dan subtipe kanker.

Banyak faktor, termasuk riwayat keluarga, yang dapat meningkatkan risiko kanker, seperti usia, kesehatan yang buruk, penyakit, dan paparan lingkungan yang dapat menyebabkan perubahan atau kerusakan genetik.

Kanker mempunyai gejala yang berbeda-beda tergantung jenis dan lokasinya. Namun pada kebanyakan kasus, pembengkakan atau penebalan terjadi pada bagian tubuh tertentu.

Dalam beberapa kasus, tidak ada gejala awal kanker. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin dan deteksi dini sama pentingnya dengan pedoman kesehatan yang relevan.

Untuk mengobati kanker, berbagai tes dan pemeriksaan harus dilakukan. Diawali dengan konsultasi dengan dokter, pemeriksaan fisik, pencitraan medis, pemeriksaan laboratorium, dan biopsi.

Pentingnya diagnosis kanker yang tepat untuk menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis kanker, stadiumnya, dan status kesehatan pasien. Namun, ada baiknya masyarakat melakukan berbagai tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko dan mencegah kanker.

Pencegahan kanker dapat dimulai dengan aktivitas sehari-hari seperti berhenti merokok, melindungi kulit dari pola makan yang tepat, mengonsumsi makanan seimbang, olahraga teratur, dan pemeriksaan kanker secara teratur dapat membantu mendeteksi penyakit sejak dini.

Tindakan tersebut dapat mengurangi tingkat permasalahan kesehatan dan beban keuangan di masa depan.

Dengan berkembangnya teknologi kedokteran, risiko kanker dapat diketahui melalui tes berbasis genetik. Tes ini dapat membantu seseorang untuk mengetahui risiko penyakit yang akan didapatnya akibat jenis kesehatannya.