Tren Kasus COVID-19 Kembali Meningkat, Kapan Akan Mereda?

Tren Kasus Covid 19 Kembali Meningkat Kapan Akan Mereda D419417.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Jakarta – Kasus subvarian JN.1 ada di Indonesia. Berdasarkan hasil pengurutan seluruh genom dari 77 sampel yang diuji, 43 persen dari 2.000 kasus selama seminggu dipastikan memiliki subvarian JN.1.

Peningkatan kasus JN.1 relatif lebih cepat dibandingkan minggu sebelumnya yang masih menyumbang 19 persen dari total kasus.

“JN.1 sebenarnya naik hanya 1 persen ya, minggu kedua November mencapai 19 persen, minggu ketiga November, lalu awal Desember 43 persen. Perbedaannya di Indonesia antara lain JN.1. “Iya, pengalaman kita sekitar 80- Meningkat sampai 90 persen, kita bilang itu bisa tercapai pada waktunya,” kata Menteri Kesehatan Budhi Gunadi Sadikin di Kementerian Kesehatan, Jumat, 22 Desember 2023.

Menkes mengungkapkan, Januari 2024 akan menjadi puncak kasus sub varian JN.1. dengan durasi maksimal 2 hingga 4 minggu. Dengan demikian, kasus Covid-19 di bulan Februari akan lebih sedikit.

“Jadi kalau saya lihat, di bulan Januari nanti ada puncaknya di JN-1. Puncaknya 2 minggu sampai 4 minggu, baru ada penurunan. Jadi mudah-mudahan nanti kita lihat, misalnya Kalau Januari puncaknya, Februari lagi. Seharusnya turun, Insya Allah,” ujarnya.

Menkes mengatakan, dengan adanya klausul ini, masuk rumah sakit menjadi tidak penting. Bahkan, keterisian tempat tidur rumah sakit dilaporkan semakin rendah.

“Rumah sakitnya lebih sedikit. Sejauh ini kita lihat rumah sakit kita masih relatif kosong. Gudangnya masih relatif kosong,” ujarnya.

Sejauh ini, dibandingkan tren gelombang Covid-19 sebelumnya, jumlah pengobatan terkait Covid-19 tergolong rendah yakni 357 pasien, lebih banyak di DKI Jakarta yakni 80 kasus.

“Sebenarnya banyak yang meninggal, sekitar 27 orang, tapi ada penyakit seperti jantung, stroke, tapi saat dites positif Covid-19. Jadi tidak semuanya meninggal karena positif. , tapi lainnya Karena penyakit,” katanya. Kanada melarang kekerasan terhadap pemukim Israel di Tepi Barat Kanada melarang kekerasan terhadap pemukim Israel di Tepi Barat dan menjatuhkan sanksi baru kepada para pemimpin Hamas.infosurabaya.com.co.id 5 Februari 2024