Viral Wajah Misterius Muncul di Bebatuan Sungai saat Air Surut

Viral Wajah Misterius Muncul Di Bebatuan Sungai Saat Air Surut 403ac11.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

BRASIL – Bukti sejarah pada bebatuan mengungkap air surut dari Sungai Amazon di Brasil setelah kekeringan. Wajah manusia yang terpahat pada bebatuan tersebut diyakini berusia sekitar 2000 tahun.

Menurut The Independent pada Sabtu 28 Oktober 2023, ketinggian air di Amazon Brasil telah turun hingga mencapai rekor tertinggi, menandai kekeringan terburuk di kawasan itu dalam lebih dari satu abad. Para ilmuwan menduga bahwa patung-patung tersebut berasal dari zaman prasejarah atau kolonial, meskipun asal usulnya tidak sepenuhnya pasti.

Daerah tempat ditemukannya pahatan batu ini disebut Ponto das Lajes, di pertemuan sungai Rio Negro dan Solimos di pantai utara Amazon.

Peneliti mengatakan di sinilah masyarakat adat mengasah panah dan tombaknya jauh sebelum orang Eropa datang.

“Kami tidak dapat menentukan tanggal pastinya, namun berdasarkan bukti adanya pendudukan manusia di wilayah tersebut, kami memperkirakan mereka berusia sekitar 1.000 hingga 2.000 tahun,” kata arkeolog Jaime de Santana Oliveira kepada The Independent.

Beberapa patung ditemukan pada tahun 2010, namun temuan terbaru akibat kekeringan baru-baru ini telah mengungkap lebih banyak variasi patung wajah manusia.

“Kali ini kami tidak hanya menemukan lebih banyak patung, tapi juga bentuk wajah manusia yang diukir di batu,” kata Dr Oliveira, yang bekerja di Institut Nasional Warisan Sejarah dan Artistik.

Tahun ini, kekeringan di Amazon sangat parah, terutama karena curah hujan yang sangat sedikit. Sungai Rio Negro, anak sungai terbesar di Amazon, telah turun 15 meter (49,2 kaki) sejak Juli, terendah dalam 121 tahun.

Kekeringan sangat parah terutama terjadi di daerah aliran sungai Rio Negro, Amazon bagian utara, sebagian Venezuela bagian selatan, dan Kolombia bagian selatan.

“Secara keseluruhan, ini adalah situasi yang tidak biasa dan ekstrem. El Niño tampaknya menjadi penyebab utama memburuknya kekeringan,” kata René Garrod, pakar atmosfer di Universitas Chile, dalam sebuah pernyataan.

Pemanasan air permukaan di Pasifik telah menjadi penghalang sirkulasi atmosfer, sehingga menyebabkan kondisi lebih kering di lembah Amazon, kata para ilmuwan.

Turunnya permukaan air telah mengekspos terumbu karang besar di wilayah tersebut, mengganggu pasokan air minum bagi ratusan kelompok masyarakat dan membunuh ikan dan lumba-lumba. Chelsea Ilan yang menjadi superhero di serial Tira memang kecanduan genre action. Chelsea Island merasa lega karena episode terbaru serial Theer Jagat Cinema Bumilankit akhirnya tayang dan disaksikan oleh para penggemar setianya infosurabaya.com.co.id pada 4 Februari 2024.