Kebanyakan Cari Informasi Justru Rentan Bikin Ibu Cemas, Begini Solusinya

Kebanyakan Cari Informasi Justru Rentan Bikin Ibu Cemas Begini Solusinya 10bb401.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Suara.com – Para ibu muda masa kini mengatakan tantangan yang mereka hadapi semakin besar seiring dengan semakin mudahnya mengakses informasi. Mengapa demikian?

Saskhya Aulia Prima, M.Psi. Psikolog anak dan keluarga menjelaskan bahwa ibu baru cenderung lebih sering mencari informasi tentang kebiasaan mengasuh anak dan makanan sehat untuk mendukung tumbuh kembang anaknya.

Ketika informasi semakin mudah didapat hanya melalui telepon seluler, para ibu mudah merasa cemas dan bingung mengenai informasi apa yang harus digunakan.

“Ketika otak kita mendapat terlalu banyak informasi, itu berarti kita punya banyak pilihan. Tapi semakin banyak pilihan yang kita punya, kita semakin pusing. Otak kita kelebihan beban, jadi kita harus mengambil langkah demi langkah.” kata Saskhya. Konferensi pers di Pabrik Merpati di Bantenserang, Rabu (19 Oktober 2022). Ilustrasi Menjijikkan (Freepik/rawpixel.com)

Banyak faktor yang membatasi kemampuan mengambil keputusan yang baik, termasuk informasi yang hilang atau tidak lengkap, waktu yang terbatas, serta sumber daya fisik dan emosional.

Oleh karena itu Saskhya menyarankan para ibu untuk memilih dan mengkategorikan informasi daripada mencerna dan menerapkan semuanya. Ini menjernihkan pikiran Anda ketika Anda harus mengambil keputusan.

“Saring informasi apa yang Anda baca, dari mana asalnya, dan siapa yang Anda ikuti di media sosial. Jernihkan pikiran Anda dengan merapikan pikiran Anda. Ini akan membantu Anda memiliki pikiran yang lebih jernih saat mengambil keputusan untuk anak Anda.” dikatakan.

Keputusan dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir seringkali membingungkan para ibu, bahkan sebelum bayi lahir. Salah satunya adalah bayi membutuhkan botol untuk memberikan ASI jika ibu tidak mampu menyusui sendiri.

Agar ASI tetap dalam kondisi optimal, sebaiknya ibu memilih botol bayi yang tepat dengan bijak. Untuk itu, Anda perlu berpikir jernih saat memilih produk bayi (dalam hal ini botol bayi).

Chief Marketing Officer Pigeon, Anis Dwinastiti mengatakan, untuk memudahkan para ibu dalam mengambil keputusan, Pigeon menawarkan solusi praktis dengan meluncurkan botol susu berteknologi T-Ester.

Teknologi ini terbukti lebih tahan terhadap sinar UV sehingga lebih tahan lama. Hal ini memudahkan para ibu untuk menjaga botol tetap higienis.

Botol susu transparan panjang Pigeon mencerminkan kecintaan seorang ibu terhadap bayinya, kata Anis. “Jika Anda berpikir dengan hati-hati, Anda dapat mengatasi masalah menjaga botol bayi tetap higienis dan transparan lebih lama.”