Kenali Apa Itu Sitz Bath, Teknik Bersihkan Alat Kelamin serta Anus yang Ampuh Obati Wasir!

Kenali Apa Itu Sitz Bath Teknik Bersihkan Alat Kelamin Serta Anus Yang Ampuh Obati Wasir 21a80ab.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Suara.com – Meski biasanya tidak terlihat, namun wajib menjaga kebersihan alat kelamin dan anus. Salah satu caranya adalah dengan berendam di sitz bath. Bagaimana membuat?

Mandi sitz adalah mandi dengan sedikit air untuk mengairi bagian anogenital yaitu anus dan alat kelamin untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada area tersebut. Manfaat mandi sitz antara lain untuk pengobatan wasir.

Perlengkapan yang digunakan juga cukup sederhana, yaitu gunakan bathtub biasa, isi dengan sedikit air, atau bisa juga dengan membeli bathtub, misalnya baskom plastik agak lebar yang bisa Anda letakkan di atas kloset. Ilustrasi berendam di sitz bath (pixabay)

Menurut kepala bedah gastrointestinal Yale Medicine dan profesor bedah usus besar dan rektum, Dr. Walter Longo, mandi sitz efektif mengurangi rasa gatal, nyeri dan tidak nyaman serta dapat mengurangi masalah pada area anorektal dan vagina.

Berikut cara melakukan sitzbath di rumah, dilansir Insider, Sabtu (15/10/2022). Isi bak mandi dengan empat hingga lima inci air hangat. Pastikan airnya cukup panas dan tidak terlalu panas. Jika Anda menggunakan sitzbath yang banyak dijual di pasaran, gunakanlah wastafel yang berukuran besar lalu pastikan airnya cukup agar airnya tidak meluap saat Anda duduk di dalamnya. Tambahkan bahan tambahan jika itu garam Epsom atau dokter meresepkan antibiotik, Anda bisa menambahkannya ke dalam air. Duduk di bak mandi dan pastikan bagian bawah, anus atau alat kelamin terendam seluruhnya Rendam selama 15 menit Setelah selesai, ketuk perlahan dan lembut bagian bawah.

Secara umum, sitzbath dapat dilakukan tiga kali sehari, namun disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil terbaik.

Beberapa manfaat mandi sitz antara lain adalah fisura anus atau robekan pada anus yang dapat menyebabkan pendarahan saat buang air besar.

Dapat juga digunakan untuk mengobati wasir, membantu mempercepat pemulihan setelah melahirkan normal melalui vagina, sehingga kelenjar Bartholin pada vagina tersumbat atau meradang akibat kista.