Respons PSSI Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia dan Klub Liga 1 Ditangkap

Respons Pssi Usai Dokter Gadungan Timnas Indonesia Dan Klub Liga 1 Ditangkap 8fef2e2.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

infosurabaya.com – Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi mengaku senang setelah dokter palsu Elwizan Aminudin ditangkap polisi di rumahnya di Cibodas, Bogor, Jawa Barat, 24 Januari 2024 .

Selama delapan tahun menjadi dokter palsu, yakni pada 2013 hingga 2021, ia menipu beberapa klub dan PSSI.

“PSSI tentunya senang dan berterima kasih kepada polisi yang akhirnya bisa menangkap Elwizan Aminuddin. Tak hanya PSSI, banyak klub juga yang tertipu,” kata Yunus Nusi.

“Dia dokter timnas sebelum COVID-19 melanda Indonesia. Caranya dengan memalsukan surat keterangan dokter dari Universitas Shakuala Banda Aceh, sehingga saat itu diyakini klub,” kata Yunus Nusi.

Setidaknya Persita Tangerang, Barito Putra, Timnas U-19, Bali United, Madura United, Sriwijaya FC, Timnas U-19, Putra Kalimantan Tengah, dan terakhir PSS Sleman.

”Persoalan ini tentu akan menjadi perhatian PSSI. Jika Anda saat ini adalah pemain tim nasional, latar belakang Anda akan diselidiki dengan cermat. Misalnya kalau dia lulusan FKUI, saya akan tanya ke FKUI. Benar atau salah. Kami juga menghubungi Ikatan Dokter Indonesia (ID). Kami juga akan menghubungi organisasi terkait. Lalu ada pengalamannya,” tambah Yunus.

“Sekarang seluruh dokter dan fisioterapis yang ingin bekerja di Klub Liga 1, 2, dan 3, khususnya timnas Indonesia, harus menyerahkan terlebih dahulu foto copy ijazah dokter yang telah dilegalisir oleh fakultas kedokteran tempat mereka belajar.” dikatakan.

Menurut Yunus, baik dokter maupun fisioterapis harus memiliki Surat Izin Praktek (SIP) yang masih berlaku selain Surat Tanda Registrasi (STR). Shin Tae-yong tak dipertimbangkan, namun pelatih Persiv menilai sang striker bagus untuk Timnas Indonesia. Boyan Hodak yakin Timnas Indonesia masih punya penyerang-penyerang bagus. Pernyataan Pelatih Persib itu menanggapi keluhan Presiden PSSI Erick Thohir. infosurabaya.com.co.id 4 Februari 2024