YouTube Kembangkan AI untuk Bikin Cover Lagu

Youtube Kembangkan Ai Untuk Bikin Cover Lagu 23a2c1e.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

infosurabaya.com Tekno – YouTube sedang merencanakan sebuah inovasi yang dapat mengubah cara kita mendengarkan musik. Mereka mengembangkan alat berdasarkan kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan kita menggunakan suara penyanyi favorit dalam video kita.

Namun, legalitas menjadi perhatian utama, sehingga YouTube mencoba menjadi pionir dalam hal ini dengan merancang alat berbasis AI yang secara legal dapat membuat vokal penyanyi atau cover lagu.

Saat ini YouTube sedang mengembangkan AI yang memungkinkan pengguna YouTube meniru suara penyanyi favoritnya. Alat ini sedang dalam pengembangan dan akan menjadi bagian dari upaya Google untuk menggunakan teknologi AI di berbagai produk dan layanan mereka.

Alat ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan suara penyanyi favorit mereka ke dalam video. Namun, pengguna harus bersabar karena alat ini belum diluncurkan secara resmi dan akan tersedia dalam versi beta untuk beberapa pengguna dalam waktu dekat.

Dilansir India Times, YouTube saat ini sedang melakukan pembicaraan dengan perusahaan rekaman untuk mencapai perjanjian lisensi yang saling menguntungkan. Dengan alat AI ini, para pembuat konten YouTube dapat menggunakan suara penyanyi yang mereka idolakan dalam videonya.

Namun peluncuran alat ini menghadapi beberapa kendala terutama dari segi perizinan. YouTube awalnya ingin meluncurkan layanan ini pada bulan September selama acara Made on YouTube.

Namun perusahaan rekaman seperti Universal Music Group, Sony Music Entertainment, dan Warner Music Group masih dalam tahap akhir perjanjian lisensi dengan YouTube untuk menggunakan suara artis.

Beberapa pihak mengkhawatirkan penggunaan alat AI jenis ini karena dapat disalahgunakan untuk menyebarkan informasi palsu atau melakukan penipuan identitas.

9WfnlPxlOZs

9WfnlPxlOZs

Oleh karena itu, mungkin sulit meyakinkan seniman untuk mendukung penggunaan teknologi AI, mengingat risikonya masih tinggi dan belum ada aturan yang jelas mengenai AI.

Beberapa waktu lalu, Universal Music Group bahkan menghapus lagu-lagu yang menampilkan suara AI yang meniru Drake dan The Weeknd karena melanggar hak cipta. Masih banyak pertimbangan yang perlu diselesaikan sebelum alat AI ini dapat digunakan secara luas. Gunakan alat ini di rumah, tidak ada sudut yang terlewatkan oleh pengawasan. Ezviz membawa ‘Smart CCTV Pan & Tilt’ ke level berikutnya dengan menambahkan fitur ‘Patrol Mode’ sehingga tidak ada sudut rumah yang terlewat. infosurabaya.com.co.id 5 Februari 2024