3.388 Peserta SNBT 2023 Lulus Masuk Universitas Sumatera Utara

3 388 Peserta Snbt 2023 Lulus Masuk Universitas Sumatera Utara 6892db5.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Sumut – Mengumumkan hasil Seleksi Berbasis Ujian Nasional (SNBT) 2023, sedikitnya 3.388 peserta telah berhasil lolos masuk Universitas Sumatera Utara (USU). FYI, USU termasuk dalam 20 besar PTN dengan total penerimaan tertinggi untuk jalur SNBT 2023.

“Dalam pengumuman ini, Universitas Sumatera Utara menduduki peringkat ke-9 dari 10 perguruan tinggi nasional terbesar di Indonesia dengan jumlah mahasiswa sebanyak 41.701 orang,” kata Wakil Rektor I USU, Dr Eddy Ehsan, SH, MA, Selasa, 20 Juni 2023.

USU menduduki peringkat 16 nasional diantara prodi PTN se-Indonesia dalam hal tingkat peminatan, yang direbut oleh Prodi Gizi USU dengan ketat rasio 1,64 persen, kata Eddy.

Jumlah mahasiswa baru USU yang masuk jalur SNBT melalui KIP Kuliah tahun 2023 sebanyak 935 orang atau sekitar 27,6 persen lebih banyak dari total mahasiswa yang masuk jalur ini.

“USU menambah kuota penerimaan SNBT dari 30% menjadi 40% dari total kuota penerimaan (SNBP, SNBT dan SMM). Skema Biaya (UKT) “Alokasi SMM (Seleksi Masuk Gratis) dikurangi dari 50% menjadi 40 % dari kuota mandiri,” kata Eddy.

Program studi sains dan teknologi dengan ketelitian tertinggi di USU pada seleksi ini disusul program studi gizi, ilmu komputer, dan program pendidikan kedokteran. Sedangkan untuk kelompok program studi ilmu sosial dan humaniora, ketelitian lebih tinggi terdapat pada program studi komunikasi, psikologi, dan kewirausahaan. Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi penerima lulusan berstatus KIPK terbesar ketiga yakni sebanyak 7.020 peserta.

Sementara itu, Rektor AS Prof.Dr. Moryantu Amin, S.S.S., MC mengucapkan selamat kepada para siswa yang berhasil menyelesaikan mata kuliah SNBT tahun 2023.

“Saya berharap bagi peserta yang tidak lolos, tidak kecewa dan putus asa, karena masih ada jalur masuk lain yang bisa mereka coba, yaitu pilihan bebas,” kata Morianto.

Rektor juga meminta masyarakat untuk tidak mempercayai orang-orang yang membantunya masuk Universitas Sumatera Utara dengan persyaratan tertentu, di luar jalur resmi.

“Kami berharap masyarakat cerdas dan tidak mudah tertipu oleh oknum-oknum yang menjanjikan akan datang ke jalur khusus di USU dan meminta bayaran. Jangan pernah percaya apalagi kalau harus bayar lakh atau crore. Tidak ada yang seperti itu. USU menerima mahasiswa hanya dengan dasar tersedia jalur resmi dan seluruh prosesnya transparan dan diumumkan kepada publik,” tegas Rektor USU.

Kepala Biro Humas, Protokol dan Promosi USU mengingatkan mahasiswa yang memasuki jalur SNBT tahun 2023 agar fokus pada langkah-langkah penting berikut ini.

Menurut dia, proses registrasi ulang dan kelengkapan dokumen merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan, di antara semua persyaratan yang ada. Pendaftaran ulang berupa pengisian data dasar dan upload berkas dapat dilakukan secara online antara tanggal 21-29 Juni 2023 melalui website https://registrasi.usu.ac.id.

“Kepada mahasiswa baru yang berhasil menyelesaikan jalur SNBT, kami ucapkan selamat dan bergabung menjadi keluarga besar USU. Kami bangga kepada kalian semua yang merupakan yang terbaik dari seluruh peserta SNBT USU tahun ini.”” jelasnya.

“Untuk itu harap diperhatikan baik-baik detail langkah selanjutnya, catat tanggal-tanggal penting, pasang alarm jika perlu, agar tidak ketinggalan. Seringkali siswa menunda pendaftaran ulang karena menang. Ayo. Jangan’ Jangan sampai ketinggalan, tidak memperhatikan tenggat waktu dan syarat yang harus dipenuhi, jika diabaikan ada resikonya, “status akhir peserta bisa langsung hilang,” kata Amalia mengingatkan.

Selain itu, Amalia juga menginformasikan bahwa hingga saat ini telah dibuka pendaftaran mahasiswa baru untuk jalur mandiri yakni mulai tanggal 5 Juni hingga 12 Juli 2023.

“Ujian dilaksanakan pada tanggal 15 hingga 21 Juli 2023. Untuk cara pendaftaran USU Mandiri dan informasi lainnya dapat diakses melalui https://penerimaan.usu.ac.id,” ujarnya. Prof Haider Alvi Kritik Keras: Upaya Mengganggu Pemilu Banyak kritik dari para guru besar di beberapa universitas di Indonesia yang dinilai sebagai upaya mengganggu proses pemilu 2024. infosurabaya.com.co.id 6 Februari 2024