Hits: 6 Obat Sirup Paling Sering Dibeli di Apotek Hingga Wamenkes Ungkap 15 Obat Sirup Terkontaminasi Etilen glikol

Hits 6 Obat Sirup Paling Sering Dibeli Di Apotek Hingga Wamenkes Ungkap 15 Obat Sirup Terkontaminasi Etilen Glikol 9c4ddb2.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Suara.com – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan timnya mengidentifikasi 15 sirup obat yang mengandung etilen glikol (EG). Obat ini diduga berkaitan dengan kasus penyakit ginjal parah pada anak.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh apotek untuk menghentikan penjualan sirup obat. Pelarangan penggunaan dan penjualan tarian ini memang menjadi perhatian.

Pasalnya, para orang tua kerap menggunakan jus manis untuk mengobati anaknya yang sakit. Selain itu, orang tua juga mudah mendapatkan pil diabetes di berbagai apotek. Di bawah ini adalah daftar jus obat yang dijual di apotek.

Kedua cerita ini merupakan berita populer di saluran kesehatan Suara.com. Kisah terkenal lainnya adalah sebagai berikut.

1. Wakil Menteri Kesehatan mengungkapkan 15 sirup di Indonesia terkontaminasi Etilen Glikol penyebab penyakit ginjal pada anak. Gambar sirup obat (Dok. Element Envato)

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan timnya telah mengidentifikasi 15 sirup yang mengandung etilen glikol (EG). Obat ini diduga berkaitan dengan kasus penyakit ginjal parah pada anak.

Pemerintah memerintahkan penjualan garam laut dihentikan sementara di semua rumah sakit sementara penyelidikan dilakukan. Pemerintah terus mengakui adanya penyakit ginjal parah pada anak-anak di Indonesia.

Baca selengkapnya

2. Dilarang Sementara Kemenkes, Ini 6 Obat yang Paling Banyak Dijual di Apotik Gambar Sirup Obat (Dok. Element Envato)

Kementerian Kesehatan Indonesia (Kemenkes) telah mengeluarkan instruksi kepada seluruh apotek untuk menghentikan sementara penjualan buah-buahan manis. Hal ini dilakukan menanggapi tudingan penggunaan sirup parasetamol yang disebut-sebut menjadi penyebab masalah ginjal serius pada kelahiran baru-baru ini.

Perintah pelarangan penggunaan tarian ini tertuang dalam Penerbitan (SE) Kementerian Kesehatan Nomor SR.01.05/III/3461/2022. Dijelaskannya, apotek untuk sementara dilarang menjual sendok kepada masyarakat karena penyakit apa pun.

Baca selengkapnya

3. Hentikan penggunaan sarinya, orang tua bisa memberikan bubuk kunyit sebagai obat saat bayi sakit Informasi Obat Batuk (Envato Elements)

Daripada obat sirup untuk anak yang dilarang pemerintah, orang tua bisa memberikan obat lain. Diketahui, banyak obat sirup yang dianggap berkaitan dengan kasus gangguan ginjal.

Ketua Umum Persatuan Pengobat Tradisional dan Jamu Indonesia Dr. Inggrid Tania, MSi., mengatakan obat bisa diberikan sejak bayi mulai menyusu.

Baca selengkapnya

4. 8 Cara Aman Minum Obat untuk Anak Menurut Kementerian Kesehatan, Cegah Penyakit Ginjal 8 Cara Aman Minum Obat untuk Anak Menurut Kementerian Kesehatan, Cegah Penyakit Ginjal Buruk – Bukti Obat Demam yang Baik. untuk anak-anak. (Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels)

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah membuat undang-undang yang melarang pemberian, makan, atau penjualan sirup obat kepada anak-anak. Termasuk memberikan panduan cara minum obat pada anak.

Langkah ini menyusul peningkatan infeksi ginjal pada anak-anak. Sejak 18 Oktober, 206 anak di 20 kabupaten telah didiagnosis menderita diare, dan 99 orang meninggal.

Baca selengkapnya

5. Penjualan jus dihentikan sementara, jika anak batuk dan batuk apa yang harus dilakukan? Menurut Kementerian Kesehatan dan Upaya Kesehatan, anak yang menderita batuk dan pilek sebaiknya tidak diberikan minuman bersoda. (Stok Shutterstock)

Penghentian sementara konsumsi sendok oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) karena berisiko penyakit ginjal serius membuat orang tua tidak bisa mengobati anak yang demam dan batuk.

Karena bahan utamanya adalah gula, selain sifatnya yang mudah dicerna, obat ini juga memiliki rasa manis yang disukai anak-anak.

Baca selengkapnya