Selimut Canggih Ini Bisa Padamkan Kebakaran Mobil Listrik

Selimut Canggih Ini Bisa Padamkan Kebakaran Mobil Listrik 7ef8059.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Colorado, 18 Januari 2024 – Pada 17 Januari 2024, sebuah mobil listrik Jaguar I-Pace terbakar saat mengisi daya di sebuah rumah di Colorado, Amerika Serikat.

Petugas pemadam kebakaran setempat berhasil memadamkan api dalam waktu singkat dengan selimut api canggih khusus kendaraan listrik.

Berdasarkan laporan South Metro Fire Rescue (SMFR) yang dikutip infosurabaya.com Otomotif dari laman Carscoops, fire selimut terbuat dari bahan yang mampu menyerap panas dan oksigen, sehingga dapat membantu memadamkan api tanpa merusak aki kendaraan listrik.

Selimut api tersebut memiliki berat sekitar 28 kilogram dan dapat menutupi kendaraan listrik ukuran penuh, baik itu sedan, minivan, atau SUV.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan mereka menggunakan selimut api karena lebih efektif daripada air dalam memadamkan api kendaraan listrik.

Air dapat menyebabkan baterai kendaraan listrik meledak, membahayakan petugas pemadam kebakaran dan orang di sekitar.

Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa maupun luka. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, namun SMFR mengatakan kemungkinan besar kebakaran terjadi pada aki kendaraan.

Penggunaan selimut api untuk memadamkan kebakaran kendaraan listrik menjadi semakin populer di kalangan petugas pemadam kebakaran. Selimut api ini dianggap sebagai cara yang lebih aman dan efektif untuk memadamkan kebakaran kendaraan listrik.

Sekadar informasi, pemadam kebakaran di seluruh dunia terus mengembangkan metode untuk memadamkan kebakaran kendaraan listrik dengan aman dan efektif. Selimut api adalah salah satu metode yang paling menjanjikan untuk mengatasi masalah ini. BMW Indonesia terbuka soal insentif mobil listrik. BMW Group Indonesia belum memproduksi kendaraan listriknya di dalam negeri, sehingga perusahaan asal Jerman ini belum bisa mendapatkan insentif dari pemerintah infosurabaya.com.co.id 6 Februari 2024