Mimpi Sepeda Motor Terbang Kembali Kandas

Mimpi Sepeda Motor Terbang Kembali Kandas Ec74ca7.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Tokyo, 17 Januari 2024 – Sepeda motor terbang atau hoverbike merupakan kendaraan yang mampu terbang dengan menggunakan baling-baling. Kendaraan futuristik ini sudah lama menjadi idaman para pecinta teknologi, namun hingga saat ini belum mencapai taraf komersial.

Sepeda hover pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960-an oleh beberapa perusahaan, termasuk Bell Helicopter dan DeLorean. Namun statusnya hanya sebatas prototipe dan belum bisa diproduksi.

Pada tahun 2020, perusahaan Jepang ALI Technologies meluncurkan sepeda suspensi Xturismo. Sepeda motor terbang yang diklaim mampu terbang dengan kecepatan hingga 100 kilometer per jam selama 40 menit ini dibanderol dengan harga $770.000 atau setara Rp 12 miliar.

Meski Xturismo sudah diluncurkan, namun hover bike tersebut belum siap diproduksi massal. ALI Technologies berjuang untuk mengembangkan kendaraan dan memenuhi permintaan investor.

Hingga saat ini, infosurabaya.com Otomotif menyebutkan dalam laman Carscoops bahwa perusahaannya baru saja mengumumkan kebangkrutan dan tidak mengembangkan teknologi yang selama ini digarapnya.

Kebangkrutan ALI merupakan pukulan telak bagi industri sepeda hover. Namun, bukan berarti sepeda motor terbang tidak akan terjadi. Beberapa perusahaan lain sedang mengembangkannya, dan teknologinya mungkin akan menjadi lebih matang di masa depan.

Sepeda hover memiliki beberapa keunggulan dibandingkan kendaraan lain seperti mobil atau pesawat terbang. Misalnya bisa terbang lurus, jadi tidak perlu ada landasan.

Namun, ada beberapa tantangan yang harus diatasi oleh sepeda hover sebelum menjadi produk komersial yang sukses.

Salah satu tantangan terbesar adalah keamanan. Hoverbike merupakan kendaraan kompleks yang masih dalam tahap pengembangan. Masih banyak tantangan teknis yang harus diatasi.

Selain masalah keselamatan, sepeda hover juga menghadapi tantangan lain, seperti biaya pengembangan yang tinggi dan tidak adanya permintaan pasar. Pengembangannya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Selain itu, permintaan pasar terhadap sepeda motor terbang juga tidak terlalu besar. Enam mobil Hyundai akan diluncurkan tahun ini Industri mobil menjadi semakin kompetitif, dengan para pembuat mobil berusaha meluncurkan kendaraan terbaru dan paling menarik. Produsen Oleh Kore infosurabaya.com.co.id 8 Februari 2024