Shopee Ekspor 26 Juta Produk UMKM Lokal

Shopee Ekspor 26 Juta Produk Umkm Lokal 54e17d9.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Jakarta, 19 Desember 2023 – Ekspor meningkat 6,7% dari Oktober 2023. Kinerja produk lokal juga turut berkontribusi terhadap pencapaian tersebut.

Meski begitu, kontribusi sektor UMKM terhadap nilai ekspor masih berkisar 15%. Pemerintah dan berbagai pihak, termasuk e-commerce seperti Shopee, tidak tinggal diam.

Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kontribusi ekspor UMKM agar dapat mencapai target 17% pada tahun 2024. Melalui program ekspor, inisiatif tersebut merupakan langkah awal berkembangnya usaha kecil dan menengah yang memasuki pasar internasional.

Pada tahun 2023, Shopee mendampingi bisnis UMKM meningkatkan daya saing global, membuka jalan bagi lebih dari 26 juta produk untuk dikirimkan ke banyak negara di Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.

Kampanye paralel liburan 10.10 dan 11.11 Big Sale menjadi bukti kehebatan program ini. Ekspor UMKM empat kali lebih cepat pada dua kampanye ini.

Produk fesyen UMKM dan perlengkapan rumah tangga juga dinilai populer di kalangan pembeli asing. Selain mendorong UMKM mengekspor produk, Shopee juga hadir sebagai bagian penting dalam keseharian masyarakat Indonesia.

Di tahun 2023 ini, banyak produk menarik yang diraih oleh Shopee, seperti aksesoris ponsel, kaos pria, kemeja wanita, dan pelembab sebagai produk terlaris.

Terakhir, game shopee matchi viral dengan 5 juta pemain, shopeefood menjadi juara daftar seafood terlaris, dan website shopee barokah yang memuat Al-Qor’an dan kiblat dikunjungi 2,5 juta orang setiap harinya.

CEO Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan pihaknya senang bisa mengikuti perjalanan setiap pelaku UMKM dan pengusaha untuk mendapatkan peluang dan meraih impiannya di tahun 2023.

Ia mengatakan: “Kedepannya, Shopee berkomitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan layanannya untuk terus memberikan yang terbaik bagi pengguna melalui pendekatan holistik dan berkelanjutan, sejalan dengan misi #ShopeeExistsForUMKM”. infosurabaya.com Tekno dari pengumuman tersebut. BNI Jadi ‘Penghubung’ Produk UMKM, Produk Olahan Indorasa Utama Memenuhi Pasar Belanda. Usaha kecil menengah asal Sidoarjo, Jawa Timur, khususnya PT Indorasa Utama, telah berhasil mengekspor ribuan makanan olahan hasil produksi mereka ke Belanda. infosurabaya.com.co.id 7 Februari 2024