Wacana BUMN Jadi Koperasi, Ekonom: Pertimbangannya Kompleks

Wacana Bumn Jadi Koperasi Ekonom Pertimbangannya Kompleks Fd5965e.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ekonom Center for Economic Reform (CORE) Etikah Karyani Suwondo mengatakan BUMN dan koperasi memiliki peran dan karakteristik yang berbeda. Etikah menilai pembahasan perubahan status BUMN menjadi koperasi akan menghadapi persoalan kepemilikan, tujuan, dan struktur BUMN yang sangat berbeda dengan koperasi.

Kalau diubah, ada pendapat yang campur aduk, kata Etikah saat dihubungi Republika di Jakarta, Minggu (1/4/2024).

Etikah mengenang dampak besar perubahan status BUMN menjadi koperasi. Yang penting BUMN selama ini telah berperan dalam memberikan kontribusinya kepada masyarakat dan negara.

“Karena hal ini dapat mempengaruhi arah, pengelolaan, dan dampak perekonomian secara keseluruhan,” kata Etikah.

Untuk itu, kata Etikah, upaya transformasi BUMN menjadi koperasi harus melalui kajian strategis yang mendalam. Tujuannya adalah untuk membuat keputusan yang tepat berdasarkan penelitian ekstensif.

“Kalaupun dilakukan perubahan, perlu dilakukan analisa mendalam dan kajian komprehensif untuk memahami akibat dan manfaat perubahan status, serta melibatkan pemangku kepentingan baik pemerintah, masyarakat, dan para ahli di bidang ekonomi. .dan hukum,” kata Etikah.

Seperti diketahui, BUMN menyumbang dana hingga Rp 82,1 triliun kepada negara pada tahun 2023, yang merupakan keuntungan terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan pembubaran BUMN hanya akan menimbulkan pengangguran baru di Indonesia, karena 1,6 juta orang bekerja di BUMN.

Erick juga mengatakan pegawai BUMN terbukti menjadi agen perubahan dalam pembangunan ekonomi Indonesia yang saat ini tumbuh sebesar lima persen.