Biaya Tambahan ‘Tersembunyi’ yang Jarang DIsadari Tamu Hotel, Perhatikan Agar tak Terkecoh

Biaya Tambahan Tersembunyi Yang Jarang Disadari Tamu Hotel Perhatikan Agar Tak Terkecoh E3ac1a1.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat Anda bepergian dan melakukannya langsung di hotel atau melalui permintaan, penting untuk memastikan tidak ada biaya “tersembunyi” tambahan yang membebani Anda. Mungkin sebagian besar tamu hotel tidak mengetahui biaya tambahan ini. Apakah mereka?

Berikut beberapa biaya yang perlu direncanakan wisatawan, dilansir laman Who, Senin (29/1/2024):

1. Ilusi biaya pembatalan gratis

Beberapa hotel menawarkan biaya pembatalan gratis saat memesan akomodasi, namun akhirnya membayar untuk penginapan mewah. Di sebuah hotel, untuk mendapatkan pembatalan gratis, harga menginap satu malam lebih tinggi dari kamar standar.

2. Check in atau check out terlambat

Tuan rumah terkadang mengenakan biaya untuk hal ini, jadi penting untuk mengetahui berapa besarnya agar tidak membebani dompet Anda. Ada jaringan hotel yang menawarkan check-in atau check-out yang sangat murah, namun ada juga yang akan menguras dompet Anda.

3. Tambahkan sarapan

Jika pemesanan kamar tidak termasuk paket sarapan, carilah informasi atau tanyakan terlebih dahulu mengenai harga sarapan untuk satu orang. Banyak jaringan hotel budget dan banyak jaringan hotel kelas atas mengenakan biaya untuk sarapan, dengan harga yang bervariasi.

4. Harga Wi-Fi

Sebagian besar hotel menyediakan Wifi, yang berarti gratis untuk para tamu. Namun ada pengecualian, apalagi jika Anda bepergian ke luar negeri yang kondisinya berbeda. Tanyakan kepada pihak hotel mengenai biaya penggunaan Wi-Fi, jadi jangan heran jika ada biaya untuk Internet.

5. Biaya Layanan Tambahan

Beberapa hotel kelas atas secara otomatis menambahkan biaya tambahan ke tagihan tamu. Misalnya, beberapa hotel kelas atas menambahkan biaya layanan sebesar lima hingga 15 persen setiap kali tamu memesan makanan dan minuman. Harga-harga ini biasanya tercantum pada menu, tetapi dalam cetakan kecil.

6. Biaya Kebersihan

Sebagian besar hotel tidak mengenakan biaya untuk pembersihan kamar. Namun, ada jaringan hotel yang meminta tamunya membayar jika ingin kamar mereka “terbersih” selama menginap. Tamu juga akan dikenakan biaya jika meninggalkan bagasi selama beberapa jam setelah check-in.