Warna Dahak Ada Artinya, Bagaimana Kalau Tampak Hijau atau Cokelat?

Warna Dahak Ada Artinya Bagaimana Kalau Tampak Hijau Atau Cokelat A0167fe.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Batuk berdahak bisa menjadi tanda penyakit serius. Seorang dokter umum dari National Health Service di Inggris, Tom Jenkins, mengemukakan bahwa warna dahak memiliki arti dan penyebab yang berbeda-beda.

Menurut Dr. Jenkins, batuk karena virus membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Ia menjelaskan, sekitar 50 persen orang muda dan sehat akan pulih dalam waktu 10 hari, dan 90 persen dalam waktu 25 hari.

Terkait batuk dan pilek, sekitar tujuh juta antibiotik diresepkan setiap tahun di Inggris untuk meredakan gejalanya. Faktanya, antibiotik tidak efektif melawan virus.

Dr Jenkins menyoroti bahaya penggunaan antibiotik yang berlebihan menyebabkan masalah dalam melawan infeksi. Ia menjelaskan, pilek dan batuk berdahak menandakan tubuh sedang melawan infeksi.

“(Lendir mencegah) hal ini dengan menjaga paru-paru, saluran udara, dan hidung tetap lembab serta membawa antibodi dan sel kekebalan yang membantu melawan infeksi,” kata Dr. kata Jenkins, Kamis (2 Januari 2024) di Express.

Dr. Jenkins memperkenalkan obat baru yang dijual bebas yang disebut Centoreze untuk mengobati gejala batuk dan pilek. Obat ini mengandung geranium, obat herbal tradisional yang terbuat dari akar geranium.

Geranium direkomendasikan oleh National Institute for Health and Care Excellence (NICE) dan disetujui oleh Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) untuk meredakan gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan pada orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun. Inggris. Harap diingat bahwa Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi obat resep atau obat dan produk obat lainnya.

Dr. Jenkins juga memberikan saran tentang arti berbagai warna dahak:

1. Hijau

Dahak berwarna hijau menandakan sel darah putih sedang melawan infeksi. Sel darah putih melepaskan enzim yang mengubah dahak menjadi hijau.

Dahak berwarna hijau biasanya terlihat pada pagi hari. Dahak berwarna hijau yang keluar secara rutin sepanjang hari mungkin merupakan tanda adanya infeksi bakteri.

2. Merah Muda

Warna dahak yang merah muda dapat menandakan adanya cairan di paru-paru (edema paru). Dahak berwarna merah muda sering terjadi pada kasus edema paru akut.

3. Merah

Jangan khawatir jika dahak atau lendir Anda berwarna merah. Munculnya sedikit darah merah muda mungkin disebabkan oleh batuk, penyakit paru-paru, atau mungkin merupakan tanda kondisi kesehatan yang serius.