Aminah Cendrakasih, Mak Nyak di Si Doel Anak Sekolahan Tampil di Google Doodle Hari Ini

Aminah Cendrakasih Mak Nyak Di Si Doel Anak Sekolahan Tampil Di Google Doodle Hari Ini B34f239.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Liputan6.com, JAKARTA – Aminah Sentrakasih atau ‘Mak Naik’ begitu ia dikenal sebagai tokoh serial televisi ‘C Doyle Anak Sekohalan’ muncul sebagai Google Doodle.

Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024), merupakan perayaan ulang tahun aktris bernama Siti Aminah Senraksih.

Setelah membuka halaman pencarian, Anda akan melihat bagaimana Google Doodle mengingat gambar Aminah Centerkasih dan sampul iklannya saat berperan sebagai Mak Nayak dalam sinetron ‘Si Doil Unk Sekohalan’.

Tampilan logo Google diubah seperti tulisan tangan, diisi berbagai jenis bunga, serta foto Siti Aminah Senraksih dan gambar background TV lawas.

Aminah sendiri terlahir dari keluarga seniman, ayahnya seorang komedian dan ibunya seorang aktris. Saat remaja, legenda sinetron Indonesia ini mengikuti jejak orang tuanya untuk mendapatkan pekerjaan di dunia hiburan.

Pada tahun 1955, dia memulai debutnya di Oh, Ibuku. Pada tahun yang sama, ia bekerja bersama ibunya di Gambang Dari Semarang.

Dia mendapatkan peran utama pertamanya dengan ibu dan anak perempuannya. Nama Aminah melejit setelah tampil di drama populer Serampang 12.

Selama beberapa dekade berikutnya, Aminah Centerkasih membintangi lebih dari 100 film populer, seperti Taman Harapan dan Si Doel Anak Sekohalan.

Berkat kinerja dan dedikasinya, Aminah telah memenangkan dua penghargaan seumur hidup dari Festival Film Bandung di bioskop Indonesia.

Selamat ulang tahun Mak Nayak!

Selain itu, Aminah Sentraksih yang dikenal lewat perannya sebagai Mak Nayak di sinetron Si Doel Anak Sekolhan juga meninggal dunia pada hari ini, Rabu (21/12/2022).

Kisah Aminah Sentrakasih “Mak Nayak” menghembuskan nafas terakhirnya adalah artis Ruby Karno yang juga merupakan kakak dari Rano Karno yang berperan sebagai Sea Doyle dalam sinetron ternama tersebut.

Ruby Carno mengumumkannya melalui akun Facebook pribadinya dengan foto dirinya dan Aminah Centerkasih yang sedang berbaring di tempat tidurnya.

Ruby Karnow mengawali kabar duka tersebut dengan menulis, “Innalilahi wa inna ilahi roziun… Maknayak Aminah Tajendrakasih meninggal dunia pada Rabu 21 Desember 2022 pukul 19.30.”

Ruby Carno memberikan informasi lokasi pemakaman mendiang Aminah Centerkasih. Almarhum dimakamkan di Japos Raya No 45 Jurang Mangu Barat. Semoga Allah menerima amal dan ibadahnya. Ameen, lanjut aktor tersebut.

Kabar duka serupa juga dibagikan para penggemar sinetron Si Doel melalui akun Instagram penggemar @sidoelanakschoolan.

Innalilahi Wayna Ilahi Roziun, Mak Nyaq (Aminah Centerkasih) meninggal dunia pada pukul 20.00. Semoga almarhum menerima segala ibadahnya dan diberikan tempat yang terbaik di hadapan Allah SWT, Amin Yara (Al-Fatiha) 🤲🏻🤲🏻 Pergilah,” tulisnya. Penggemar

Banyak selebriti seperti Marsha Timothy, Ayu Devi, dan Pak Tarno yang mengungkapkan kesedihannya.

“Innalilahi wa inna ilaihi roziun, aku mak niyak husnul khotimah, terima kasih atas kebahagiaan karyamu yang membawa kami sejak kecil, Al Fatiha🤲🏻,” tulis Ayu Devi.

Sebelum meninggal, aktris hebat Aminah Sentraksih sudah bertahun-tahun terbaring di tempat tidur karena kelumpuhan dan glaukoma.

Akibat penyakit glaukoma dan kelumpuhan, Aminah Centrekasih kehilangan penglihatannya dan tidak bisa bergerak. Banyak seniman mengunjunginya selama dia tinggal. Almarhum Husnul Khatimah.