Biaya Kuliah Jurusan Pendidikan Kedokteran di UNP Padang, Lebih Murah Dibanding Kampus di Jawa?

Biaya Kuliah Jurusan Pendidikan Kedokteran Di Unp Padang Lebih Murah Dibanding Kampus Di Jawa 86d821a.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

PADANG – Berikut rincian biaya kuliah program studi baru Pendidikan Dokter di UNP Padang yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik untuk belajar kedokteran di mana Anda memiliki peluang besar untuk memenuhi syarat?

Baru saja mendaftar diklat besar kedokteran yang merupakan program studi (prodi) baru di Universitas Negeri Padang (UNP) Padang, Sumatera Barat. UNP sendiri merupakan salah satu kampus negeri terpopuler di Pulau Sumatera.

Seperti diketahui, UNP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang baru saja meresmikan program studi kedokteran pada tahun 2023. Penerimaan mahasiswa baru Kedokteran UNP angkatan pertama dilakukan dengan dua metode seleksi, yaitu seleksi nilai UTBK-SNBT dan komputer. – Berdasarkan ujian tertulis.

Lantas, berapa biaya kuliah kedokteran di Universitas Negeri Padang? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya dengan baik, simak ya!

Biaya Pendidikan Jurusan Kedokteran UNP Padang

Melansir laman resmi unp.ac.id, sebagai gambaran persiapan konferensi, ada dua seleksi yang dibuka pada Kedokteran UNP jika mengacu pada tahun 2023, yaitu:

• Seleksi nilai UTBK-SNBT dengan biaya pendaftaran Rp 250.000.

• Ujian tertulis komputer dengan biaya pendaftaran Rp 500.000

Sedangkan untuk biaya pendidikan berupa Sumbangan Pengembangan Kelembagaan (SPI) tahun 2023, UNP menerapkan nominal per mahasiswa yaitu Rp 75.000.000.

Pada tahun 2023, UNP telah menyiapkan daya tampung 50 mahasiswa baru kedokteran dengan tersedia kuota 20% bagi calon mahasiswa kurang mampu yang mempunyai keberhasilan akademik tinggi.

Syarat Pendaftaran Jurusan Kedokteran UNP 2024

1. Lulusan SMA/MA tahun 2021, 2022 dan 2023. Lulusan SMA/MA tahun 2021 dan 2022 harus sudah memiliki ijazah. Bagi siswa lulusan SMA/MA 2023 sudah memiliki Surat Keterangan Tamat Pendidikan SMA.

2. Puskesmas/klinik minimal harus menerbitkan surat keterangan bebas antrian yang ditandatangani oleh dokter.

3. Memiliki Nomor Pokok Siswa Nasional (NISN).