Pemerintah Korea Bakal Batasi Adegan Merokok di Drakor, Harap Tak Ada Lagi Suzy yang Isap Rokok di Doona

Pemerintah Korea Bakal Batasi Adegan Merokok Di Drakor Harap Tak Ada Lagi Suzy Yang Isap Rokok Di Doona 2815498.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Korea Selatan sedang menggalakkan pelarangan gambar merokok dalam drama Korea (drakor) yang tayang di media seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya di tingkat lokal untuk memerangi kebiasaan merokok dan merokok di media.

Di Korea Selatan, menayangkan acara merokok di televisi lokal adalah tindakan ilegal. Jika ada tren maka akan berubah. Namun, ada peluang bagi mereka yang ingin beriklan di media eksternal, seperti dilansir AllKpop, Selasa (6/2/2024).

Untuk menyoroti masalah ini, Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan mengumumkan bahwa mereka akan menghadiri Konferensi Pengendalian Tembakau Dunia (FCTC) Organisasi Kesehatan Dunia. Konferensi ini akan diadakan di Panama pada tanggal 5 – 11 Februari.

Pada pertemuan tersebut, perwakilan Korea Selatan akan meminta Sekretariat dan kelompok lain untuk mengurangi atau mengurangi citra terkait rokok dan tembakau di media internasional.

FYI, Korea Selatan menganggap serius larangan merokok di media sosial karena keberhasilan kampanye anti-rokok di negara tersebut. Mulai dari pengendalian media, perpajakan hingga perencanaan media.

Jeong Yeon-hee, direktur Departemen Kesehatan, mengatakan: “Kami akan menjelaskan secara rinci pencapaian kebijakan tembakau Korea kepada komunitas internasional dan meninjau secara cermat diskusi pada konferensi ini untuk memperkuat kebijakan anti-tembakau Korea.” Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan, menurut KBI Zoom.

Banyak drama Korea yang banyak menampilkan rokok. Salah satunya adalah peran yang dimainkan aktris Lim Ji-yeon dalam serial populer Netflix The Glory.

Selain itu, yang paling menarik adalah Susie yang berperan sebagai Doona, seorang idola yang sedang mengalami masa-masa sulit. Dalam banyak gambar, Suzy terlihat sedang merokok seperti yang terlihat dalam cerita berdasarkan webtoon. Ada sekitar 17 orang di Doona yang melihat Susie merokok.

Selain itu, Ji Chang Wook juga tampil hot di drama Korea Disney+ Hotstar, Too Bad.

Ada reaksi beragam di kalangan masyarakat Korea mengenai rencana pemerintah setempat untuk melarang adegan merokok dalam drama Korea yang dipublikasikan secara online.

“Mengapa mereka melarang video merokok padahal ada begitu banyak video orang yang mabuk berat dan melakukan kejahatan setiap hari? Jika mereka ingin melarang merokok, mereka juga harus melarang minuman keras.”

“Ada adegan kekerasan dan orang-orang dipecat, tapi apakah mereka menganggap merokok adalah sebuah masalah?”

“Narkoba, bukan rokok?”