Apa Perbedaan Israel, Zionis dan Yahudi? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Israel Zionis Dan Yahudi Ini Penjelasannya 80affd9.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

infosurabaya.com Edukasi – Konflik terkini antara Hamas dan Israel di Palestina semakin menarik perhatian masyarakat. Namun terkadang dalam konteks konflik ini terjadi kesalahpahaman terhadap peristiwa perang tersebut, karena terjadi pada negara Israel, Zionisme dan Yahudi.

Oleh karena itu, berikut infosurabaya.com uraikan tiga yang dilansir dari berbagai sumber:

Yahudi adalah sekelompok orang yang hidup di dunia yang mempraktikkan praktik dan ajaran agama tertentu yang dikenal sebagai Yudaisme. Namun, banyak keturunan Yahudi yang tidak selalu menganut keyakinan ini. Secara garis besar, orang Yahudi adalah orang yang berdarah Ibrani.

Dalam Yudaisme, ada gerakan keagamaan yang disebut Zionisme. Zionisme adalah kelompok yang ingin mendirikan negara Yahudi.

Praktek Zionisme sendiri dianggap sebagai dasar berdirinya negara Israel El yang mencakup sebagian wilayah Palestina. Gerakan ini meyakini bahwa negara Yahudi atau Israel harus berdiri di dekat Gunung Zion, yaitu sebuah gunung di Yerusalem.

Di sisi lain, Israel merupakan negara yang didirikan oleh kelompok Zionis. Negara ini mengaku sebagai negara Yahudi, padahal tidak semua orang Yahudi di dunia memilih untuk tinggal di negara tersebut. Faktanya, ada kelompok Yahudi anti-Zionis yang mendukung Palestina.

Di sisi lain, Israel juga dipenuhi oleh kelompok non-Yahudi seperti Arab Muslim dan Kristen. Menurut Perpustakaan Yahudi, negara berpenduduk 9,75 juta jiwa ini 73,3% adalah Yahudi dan sisanya adalah Yahudi.

Sebagai negara sekuler, bukan hal baru jika kita menemukan perbedaan suku dan agama satu sama lain di suatu negara. Meskipun sejumlah Muslim dan Kristen Arab bergabung dengan tentara Israel Ann. Terpopuler: Negara-negara dengan umat Islam terbanyak mengikuti babak Shio paling beruntung dari saluran Lifestyle pada hari Sabtu, 10 Februari 2024. Salah satunya adalah Shio paling beruntung tahun 2024. infosurabaya.com.co .id 11 Februari 2024