Lagu K-Pop yang Terdampak Sengketa Universal Music-TikTok, Termasuk BTS dan Blackpink?

Lagu K Pop Yang Terdampak Sengketa Universal Music Tiktok Termasuk Bts Dan Blackpink 1a07734.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta — Dunia K-pop dihebohkan dengan kabar Universal Music Group (UMG) yang mengumumkan niatnya untuk menghapus beberapa lagu artis dari platform TikTok. kontrak antara UMG dan TikTok yang menimbulkan berbagai masalah Mengenai kompensasi, keamanan, dan efek berbahaya dari kecerdasan buatan (AI).

UMG mengungkapkan keprihatinannya dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada 30 Januari 2024. Perusahaan menekankan pentingnya kompensasi yang adil bagi artis dan penulis lagu. Melindungi seniman manusia dari pengaruh AI yang berbahaya dan keamanan online untuk pengguna TikTok

Pernyataan UMG pun langsung ditanggapi TikTok, hingga banyak warganet yang mengkritik pernyataan tersebut. Dalam pernyataannya, TikTok menanggapi klaim UMG tentang rendahnya kompensasi dan pengaruh AI, namun konflik semakin parah ketika UMG mengumumkan penghapusan beberapa lagu dari platform tersebut.

Banyak artis papan atas yang diyakini terkena dampak penghapusan tersebut, antara lain Taylor Swift, Justin Bieber, Ariana Grande, serta grup K-pop BTS dan Blackpink, demikian lapor Koryaboo pada Jumat (2/2/2024) mengenai lagu tersebut. , Efeknya tidak merata. Dan beberapa artis, seperti Blackpink, tampaknya tidak terpengaruh.

Namun, ketika lagu mulai dihapus dari TikTok, banyak grup K-pop seperti NCT, Red Velvet, SuperM, Twice, P1Harmony, Secret Number, &Team, TRI.BE, Stayc, Seventeen, Enhypen, Iz*one, dan Class : y melakukannya. Efek yang Terkena Beberapa lagu dibisukan. sementara beberapa lagu dihapus seluruhnya.

Beberapa netizen mencatat bahwa efek ini mungkin terbatas di Amerika Utara. sementara pengguna di wilayah lain Sebagian besar lagu yang dihapus masih dapat diakses, namun konflik tersebut telah memicu kekhawatiran di kalangan penggemar K-pop dan pengguna TikTok di seluruh dunia.