Sekjen MHM & Presiden Timor Leste Bahas Penguatan Persaudaraan Kemanusiaan

Sekjen Mhm Amp Presiden Timor Leste Bahas Penguatan Persaudaraan Kemanusiaan Cb7f861.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Dili – Sekretaris Jenderal (Sekgen) Anggota Dewan Hukam Muslim (MHM) Mohammed Abdeslam bertemu dengan Presiden Timor Timur Jose Ramos-Horta pada Sabtu 7 Oktober 2023 di Dili. Keduanya membahas cara-cara untuk meningkatkan dialog antaragama dan memajukan nilai-nilai kemanusiaan. masyarakat

Presiden Ramos-Horta mengucapkan selamat kepada Konselor Abdeslam atas dibukanya cabang regional MKM di Asia Tenggara. Anak perusahaan regional ini berkantor pusat di Jakarta, Indonesia.

Presiden Ramos Horta juga memuji keteladanan Indonesia dalam mendorong dialog antaragama dan hidup berdampingan. “Timor Timur siap berpartisipasi dalam inisiatif dan proyek yang dilakukan oleh MKM cabang regional, yang bertujuan untuk meningkatkan komunitas manusia dan hidup berdampingan di kawasan Asia Tenggara,” jelasnya.

Presiden Ramos-Horta juga memuji inisiatif pimpinan Gereja Katolik, Paus Fransiskus dan Syekh Agung Al-Azhar, Imam Akbar Ahmed Al Taib, yang juga Ketua MHM, untuk menandatangani Dokumen Komunitas Manusia. Ia juga mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi Uni Emirat Arab, simbol toleransi dan hidup berdampingan.

Penasihat Sekretaris Jenderal MKM Abdeslam juga memuji langkah yang diambil Timor-Leste di bawah kepemimpinan Presiden Ramos-Horta yang mengadopsi Dokumen Abu Dhabi tentang Komunitas Manusia sebagai piagam nasional. Timor Timur juga memasukkan dokumen sejarah sebagai bagian dari kurikulum pendidikan nasional.

Anggota Dewan Abdeslam menjelaskan: “Saya menghargai semua upaya yang ditujukan untuk implementasi praktis prinsip-prinsip mulia kemanusiaan yang terkandung dalam dokumen tersebut.”

Sekjen MHM juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Ramos-Horta atas upayanya mengedepankan nilai-nilai dialog antaragama dan hidup berdampingan.

“Kami menghargai sikap kemanusiaan Presiden, upaya berkelanjutannya untuk perdamaian dan komitmennya dalam memenuhi peran dan tanggung jawabnya,” ujarnya.

Baca artikel edukasi menarik lainnya di tautan ini. Israel menentang keputusan Pengadilan Dunia untuk menghentikan genosida di Gaza. Israel terus menentang keputusan Mahkamah Internasional (ICJ), mulai dari embargo berkelanjutan terhadap bantuan kemanusiaan hingga serangan mematikan. infosurabaya.com.co.id 9 Februari 2024