Unisba Akui Setop Kerja Sama dengan Danacita Sejak Tahun Lalu

Unisba Akui Setop Kerja Sama Dengan Danacita Sejak Tahun Lalu 5ad3249.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Universitas Islam Bandung (UNISBA) mengumumkan telah menjalin kerja sama dengan aplikasi pinjaman online (pinjol) Danacita untuk membayar biaya pendidikan bagi mahasiswa yang kesulitan keuangan. Kerja sama tersebut berlangsung dengan sistem syariah.

“Universitas Islam Bandung telah menjalin kerja sama dengan Danacita dalam bentuk pinjaman dengan mekanisme pembayaran syariah,” kata Direktur Komunikasi dan Humas Unisba Firmansiah saat dikonfirmasi, Selasa (30/1/2024).

Namun, ia mengungkapkan kerja sama dengan Danacita telah terhenti sejak tahun 2023 karena mekanisme syariah sudah tidak berlaku lagi. Oleh karena itu, perjanjian kerja sama dihentikan dan UNISBA tidak melakukan kerja sama lagi.

“Ketika universitas tahun lalu mengetahui bahwa Danasita tidak lagi menerapkan mekanisme syariah, perjanjian kerja sama dihentikan dan UNISBA berhenti bekerja sama,” ujarnya.

Firmansyah mengatakan Unisba hanya menawarkan pilihan pembayaran cicilan di sistem Unisba atau bekerjasama dengan bank syariah dengan program cicilan 0 persen, sehingga tidak memberatkan.

“Cicilan kami bebas bunga dan bebas bunga 0 persen di bank syariah,” ujarnya.

Pihaknya juga tengah melakukan pendataan dan mengadvokasi kemungkinan adanya mahasiswa yang terlibat pinjaman Danacita tanpa sepengetahuan pihak kampus. Mereka masih mengumpulkan data.

“Unisba juga berupaya mengumpulkan data dan akan mendukung kemungkinan mahasiswa untuk terlibat dalam pinjaman di Danacita tanpa melalui atau sepengetahuan pihak universitas,” ujarnya.

Firmansia menegaskan, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk mendukung mahasiswa melalui beasiswa, baik Baitul Mal maupun beasiswa lainnya. Walaupun relatif sulit karena harus melalui sistem. Selain itu, ada pembayaran angsuran yang dapat dibayarkan ke universitas melalui sistem tiga kali angsuran, meskipun hal ini berisiko.

Sebelumnya sempat heboh saat ITB menggandeng aplikasi pinjaman online Danacita untuk biaya kuliah dan bunga. Sontak tayangan tersebut mendapat reaksi negatif dari masyarakat dan netizen.