8 Jalan Tol Tanpa Batas Kecepatan, Cocok untuk Balapan

8 Jalan Tol Tanpa Batas Kecepatan Cocok Untuk Balapan 0971f5a.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

JAKARTA – Banyak jalan ‘surga’ bagi para penggila kecepatan tanpa memungut biaya modal. Ternyata di seluruh dunia, terdapat banyak jalan berkecepatan tinggi di dunia.

Situs DailyMail yang diluncurkan Senin (15/1/2024) mencantumkan daftar jalan tol berkecepatan tertinggi di dunia yang mencakup beberapa benua.

1. Jalan raya Amerika bagian barat

Jalan-jalan di bagian barat Amerika Serikat bersifat pedesaan, sehingga jalan-jalan tersebut tidak mempunyai batas kecepatan tinggi. Seperti di beberapa bagian Montana, batas kecepatannya adalah pada siang hari dan pengemudi dapat melaju secepat yang mereka mau.

Saat ini, Montana dan negara bagian pegunungan lainnya di negara tersebut memiliki batas kecepatan maksimum 80 mph di jalan pedesaan. Batas kecepatan rata-rata mereka adalah 70 hingga 80 mph di semua jalan tol.

2. Jalan Raya A1

Jalan tol Italia tipe A1 melewati kota-kota besar, dimulai dari Milan lalu menuju Roma dan kemudian Napoli. Jalan raya Italia memiliki batas kecepatan maksimum 81 mph. Namun, perlu diperhatikan bahwa operator dapat menetapkan batas hingga 150 km/jam, yang setara dengan 93 mph jika terdapat tiga jalur di setiap arah dan sistem kamera kecepatan aktif. Saat ini, belum ada yang menetapkan standar ini, namun perubahan mungkin terjadi di masa depan.

3. Jalan Perancis

Jalan raya di Perancis adalah salah satu dari sedikit negara Eropa yang menerapkan batas kecepatan lebih tinggi dibandingkan kebanyakan jalan raya lainnya. Batas kecepatannya adalah 130 kilometer per jam (atau 81 mph), sehingga orang Prancis dapat berkendara lebih cepat daripada jalan raya umum Eropa. Eksperimen lalu lintas telah dilakukan untuk mengurangi kecelakaan fatal, dan pemerintah Perancis telah menurunkan batas kecepatan di beberapa area. Secara umum, batas kecepatan di perkotaan lebih rendah dibandingkan di pedesaan dan di jalan raya.

4. Autokresta Kroasia

Negara ini memiliki kecepatan tertinggi di Eropa. Kecepatan maksimum di jalan tol di pedesaan tanpa lalu lintas padat adalah 81 mph. Kecepatan ini hanya berlaku untuk tol autocrest atau tol akses terbatas.

Jalan tol lainnya, seperti tol ekspres, memiliki batas kecepatan maksimum 75 mph. Jika Anda berkendara di jalan Kroasia dan melebihi batas kecepatan, jangan terlalu khawatir. Polisi dapat mengizinkan hingga 10 mil bagi mereka yang melebihi batas.

5. Jalan raya Moravia

Tiga negara Eropa Timur masuk dalam daftar ini dan semuanya memiliki satu kesamaan, yaitu batas kecepatan tinggi di jalan raya. Sebagian besar jalan raya Slovakia memiliki batas kecepatan 81 mph. Batas kecepatan jalan tol memang rendah, namun pemerintah mengumumkan bahwa pada tahun 2021 jalan tol akan dibangun tidak hanya di pedesaan, tetapi juga melalui kota. Yurisdiksi lain di negara ini berupaya meningkatkan kecepatan hingga 160 km/jam, yang setara dengan 99 mph.

6. Jalan Stewart

Rute ini membentang dari utara-selatan dari Darwin di Wilayah Utara dan berakhir di Port Augusta di Australia Selatan. Perjalanan akan menempuh jarak 3.130 km. Pendapatan total dari jalan tersebut jarang terjadi. Banyak bagian jalan yang sepi dan rawan terhadap arus deras yang liar dan berbahaya.

Sebelum tahun 2007, tidak ada batasan kecepatan di Stewart Highway, namun undang-undang di Australia berakhir dan menetapkannya pada 81 mph. Pada tahun 2014, pemerintah ingin mengurangi jalan tol tanpa batas kecepatan, namun setelah dilakukan kajian lalu lintas kecepatannya kembali menjadi 81 mph.

7. Rute Negara Bagian Texas 130

Jika Anda berkendara berjam-jam di Texas, Anda tidak akan melihat satu kota pun. Mungkin itulah sebabnya batas di sebagian besar jalan di Texas lebih tinggi daripada rata-rata nasional.

Texas mengizinkan kendaraan melaju dengan kecepatan 80 mph di Interstate 10 dan 20 di wilayah tertentu hanya di wilayah berpenduduk jarang. Namun, ada bagian Route 130 negara bagian yang memungkinkan mobil melaju dengan kecepatan 85 mph. Di utara dibatasi oleh jalan tol, dan di selatan oleh Interstate dekat Seguin.

8. Jalan Raya Bulgaria

Bulgaria adalah negara Eropa dengan batas kecepatan lebih tinggi dari biasanya. Sebagian besar jalan tol memiliki batas kecepatan 75 mph, namun beberapa jalan tol menaikkan batas tersebut menjadi 87 mph atau 140 km/jam untuk mencegah kecelakaan fatal. Contoh batas tinggi adalah jalan raya A1 Threx.