FIK UMJ Gelar Webinar Internasional Perdana, Angkat Tema Manajemen Keperawatan Stroke

Fik Umj Gelar Webinar Internasional Perdana Angkat Tema Manajemen Keperawatan Stroke 465538f.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIK UMJ) menggelar webinar keperawatan internasional pertama bertajuk “Comprehensive Nursing Management of Stroke: An Improved Approach”. Diselenggarakan secara hybrid pada Sabtu (27/01/2024) di Aula Rufaida, seminar ini merupakan tugas akhir mahasiswa Program Profesi Keperawatan tahun ajaran 2023-2024.

Dekan FIK UMJ Miciko Umeda, SKp, MBiomed menjelaskan, hal tersebut sejalan dengan kurikulum FIK UMJ. Sejak berdirinya FIK, seminar yang diselenggarakan masih bersifat nasional dan baru pertama kali diadakan seminar dalam bentuk konferensi internasional.

Ini merupakan langkah awal mahasiswa FIK untuk terus maju di dunia internasional. Harapannya ke depan tidak hanya seminar dan workshop saja, tapi juga publikasi internasional yang kredibel dan berdampak pada kurikulum, kata Misiko dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Topik yang diangkat kali ini terkait dengan Departemen Manajemen Keperawatan. Seminar ini bertujuan untuk mengetahui masa keemasan pengobatan stroke terkini.

Diharapkan kepada peserta seminar dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai penatalaksanaan stroke pra rumah sakit secara nasional dan internasional. Lebih dari 700 orang termasuk mahasiswa dan perawat berpartisipasi dalam seminar tersebut.

Miciko menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa Program Profesi Keperawatan karena mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ia menjelaskan, perawat perlu memperdalam ilmunya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada pasien.

“Saya yakin dengan mengikuti seminar internasional ini kita akan belajar banyak hal dan pendekatan-pendekatan yang maju dan kekinian untuk memberikan pelayanan yang komprehensif kepada pasien stroke,” ujarnya.

Jenderal Yuznia, direktur seminar internasional tersebut menjelaskan, topik stroke diangkat karena melihat fenomena yang terjadi di masyarakat. Stroke merupakan penyakit umum yang menyebabkan kematian.

Ketidaktahuan masyarakat menunda tindakan sehingga saat dibawa ke rumah sakit kondisi pasien sudah kritis, kata Yuznia.

Yuznia menjelaskan melalui seminar ini, perawat diharapkan dapat mengetahui dan memahami metode penanganan stroke terkini. Ia berharap seluruh peserta dapat mengambil manfaat dari seminar ini.