Jangan Ada Beban, Kunci Timnas untuk Taklukkan Australia

Jangan Ada Beban Kunci Timnas Untuk Taklukkan Australia 12e49c3.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA – 2023 Di babak 16 besar Kejuaraan Asia, Indonesia menghadapi laga berat. Tim peringkat ketiga dan keempat asuhan Shin Tae-yong akan menghadapi Australia malam ini.

Jika melihat peringkat dunia, termasuk secara berdampingan, Australia jauh lebih baik. Mereka peringkat 25 dunia dan Indonesia peringkat 146… Indonesia sudah bertemu Australia sebanyak 18 kali. Hasilnya, Australia mendominasi, memenangkan 14 pertandingan, seri tiga kali, dan hanya kalah satu kali.

Meski demikian, komentator sepak bola Kesita Budi Handoyo menilai meski lawan punya peluang lebih besar, peluang menang tetap ada.

“Meski lawan punya peluang lebih besar untuk memenangi pertarungan Top 16, peluang mengalahkan Austria masih terbuka,” kata Kesita saat dihubungi Republika.co.id pada 24/02/2024.

“Indonesia bisa menantang Australia. Bermain bebas dan tidak kalah apa pun akan menjadi keunggulan Indonesia karena tidak ada tekanan untuk mencapai tujuan menang,” ujarnya.

Soal strategi permainan, Kesita mengatakan strateginya tidak harus main head-to-head dengan lawan. Karena ada pesaing yang lebih baik di Australia. Australia memiliki pemain yang lebih tinggi dibandingkan pemain Indonesia.

Oleh karena itu, Indonesia harus menghindari bermain bola tinggi. Australia harus hati-hati dengan hal itu. Agar efektif, Indonesia harus bermain maksimal untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan peluang serangan balik, kata Kesita.