Menpora Dorong Persiapan WRC 2025 di Danau Toba

Menpora Dorong Persiapan Wrc 2025 Di Danau Toba 1738c09.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Danau Toba – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotejo mendorong Sumut bersiap menghadapi World Rally Championship (WRC) 2025. Menpora menegaskan dirinya mendukung kawasan Danau Toba sebagai pusat olahraga. Platform balap mobil.

Hal itu diungkapkan Ditto saat menyaksikan event Reli Danau Toba 2023 di Lapangan Ek Nuli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu, 25 November 2023. Grand Final APRC dan Daftar Kejuaraan Reli Nasional 2023, menurut Ditto, menggelar PP IMI Serius dan Kejuaraan Reli Dunia IMI Sumut.

“Peningkatan ini menurut saya sangat bagus dan harus kita manfaatkan dengan baik. Harus kita ambil karena akan berdampak besar bagi pariwisata Danau Toba. Menurut saya bukan tidak mungkin WRC bisa diambil.” dia berkata. Ia berbicara di hadapan Pembina IMI Sumut Musa Rajekshah.

Dalam bentuk dukungannya, sedang dipertimbangkan pembentukan Lake Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023, dimana pihaknya mendukung WRC 2025 dengan berdonasi atau mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah.

“Kenapa perlu dukungan, karena dalam hal ini biasanya harus ada bagian dari pemerintah. Begitu pula setelah kompetisi, dukungan dari pemerintah harus diberikan dari segi anggaran dan mencari sponsor,” ujarnya.

Pada acara tersebut Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengucapkan terima kasih atas suksesnya APRC Danau Toba 2023 dan yang paling menggembirakan adalah pertemuan tersebut tidak hanya dihadiri oleh tim lokal saja, namun juga dari berbagai negara. . Seperti Thailand, Selandia Baru, dan India.

Dan hingga hari kedua APRC, posisi tiga besar didominasi oleh atlet Indonesia. Katanya, hal ini akan memastikan atlet Indonesia bisa bersaing dengan atlet luar negeri.

“Mobil yang digunakan atlet kita lebih bagus dibandingkan dengan mobil yang digunakan atlet dunia. Ini menunjukkan atlet kita siap bersaing dengan atlet dunia,” puji Menpora.

Ia pun mengungkapkan kebahagiaannya atas kemajuan yang diraih tim support Indonesia.

“Tentunya kami akan mendukung jika WRC berikutnya kembali digelar di kawasan Danau Toba pada tahun 2025. Kami sempat membahas keinginan kami untuk menyelenggarakan Reli Dunia di Danau Toba pada tahun 2025. Keinginan ini harus dipenuhi, tidak ada yang tidak mungkin,” dia dikatakan. GOR Sumut ditargetkan rampung pada Juli 2024.