Gagal Ginjal Akut Misterius Merebak, Ringgo Agus Rahman Bakal Setop Beri Obat Batuk Sirup ke Anak?

Gagal Ginjal Akut Misterius Merebak Ringgo Agus Rahman Bakal Setop Beri Obat Batuk Sirup Ke Anak 2742875.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Suara.com – Aktor Ringgo Agus Rahman yang kini menjadi orang tua pun khawatir dengan merebaknya penyakit misterius gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak. Selain itu, penyakit tersebut diduga terjadi karena sirup obat batuk yang terkontaminasi.

Ringo mengatakan larangan minum obat sirup cukup mengganggu karena obat anak seringkali diminum dalam bentuk sirup agar lebih mudah dikonsumsi.

“Hal ini membuat saya khawatir, terutama para orang tua yang memiliki anak yang masih mengikuti perkembangan pemberitaan karena saat ini kami masih menyelidiki penyebab dari keadaan tersebut,” ujarnya pada Kampanye Antisep SoKlin di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan, dalam acara tersebut. . , Rabu. (19 Oktober 2022). Ringo Agus Rahman. (Dini/Suara.com)

Gagal ginjal akut adalah penyakit di mana ginjal tidak mampu mengeluarkan zat beracun dan kelebihan cairan serta menyeimbangkan air dan elektrolit secara optimal. Biasanya, ginjal menyaring produk limbah dari tubuh dan mengeluarkannya melalui urin.

Ayah dua anak ini berharap Kementerian Kesehatan menindaklanjuti temuan ratusan anak Indonesia yang mengidap penyakit ginjal akut misterius.

Rangkaian ini berupa identifikasi penyebab penyakit yang biasa menyerang anak usia 5 tahun, sehingga orang tua dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan bila anaknya sakit dan membutuhkan obat sirup.

“Memang ada anjuran untuk memberikan obat sementara lewat (anus), dan juga yang dicampur. Tapi itu hanya kebiasaan, setiap keluarga yang punya anak pasti pakai paracetamol di rumah. Jadi kita berharap ada. kabar baik segera, di masa depan Apa, “kata Ringo.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus misterius gagal ginjal akut yang muncul di Indonesia selama dua bulan terakhir, menyerang anak-anak berusia enam bulan hingga 18 tahun.

Hingga saat ini, telah dilaporkan 189 kasus gagal ginjal akut, dengan mayoritas pasien berusia antara 1 hingga 5 tahun.

“Hingga 18 Oktober 2022, telah dilaporkan 189 kasus, sebagian besar terjadi pada usia 1 hingga 5 tahun,” Yanti, Selasa, 8 Oktober 2022.

Para orang tua diimbau untuk tidak panik dan tetap mewaspadai gangguan ginjal pada anak dengan memantau kesehatan dan mencukupi kebutuhan cairan.