Setelah Google, Giliran YouTube PHK Ratusan Karyawan

Setelah Google Giliran Youtube Phk Ratusan Karyawan Dcc439c.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

JAKARTA – Setelah Google, giliran YouTube yang melakukan pemotongan besar-besaran. YouTube memangkas setidaknya 100 karyawan di tingkat manajemen dan operasional.

Mengutip email yang dikirim ke karyawan, The New York Times melaporkan bahwa pemotongan tersebut terutama ditujukan kepada pembuat konten YouTube.

“Kami telah mengambil keputusan untuk menghilangkan beberapa peran dan mengucapkan selamat tinggal kepada beberapa rekan tim kami,” kata kepala bisnis YouTube Mary Ellen Coe melalui email.

“Siapa pun yang terkena dampak atau mungkin terkena dampak di wilayah Amerika dan Asia-Pasifik akan diberitahu pada akhirnya,” katanya.

Gelombang adaptasi YouTube mengikuti langkah serupa yang dilakukan Google. Pekan lalu, Google memecat ratusan karyawan yang bekerja di Asisten Google serta tim produk pengetahuan dan informasi.

Ratusan karyawan lainnya di sektor produk dan layanan digital Google diberhentikan. Beberapa posisi di tim teknik inti juga akan dihilangkan sebagai bagian dari restrukturisasi organisasi.

Philipp Schindler, chief business officer Google, juga mengonfirmasi bahwa ratusan pekerjaan akan diberhentikan secara global di departemen penjualan iklan sebagai akibat peralihan tim penjualan Google ke AI.