Shopee 12.12 Birthday Sale Catat Peningkatan Transaksi terhadap Produk Brand Lokal & UMKM

Shopee 12 12 Birthday Sale Catat Peningkatan Transaksi Terhadap Produk Brand Lokal Amp Umkm F596252.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

infosurabaya.com – Perayaan ulang tahun ke-8 Shopee menjadi perayaan meriah yang ditandai dengan kampanye ikonik, 12.12 Birthday Sale, yang sekali lagi menunjukkan dampak jangka panjang pada seluruh ekosistem yang terlibat. Dalam kampanye ini, Shopee tetap fokus mewujudkan komitmennya dalam memfasilitasi perluasan pasar guna mendukung terciptanya bisnis berkelanjutan bagi merek lokal dan UMKM di Indonesia. Pada hari puncak kampanye Penjualan HUT 12/12, transaksi produk lokal meningkat 10 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Monica Vionna, Head of Growth Marketing Shopee Indonesia mengatakan, “Sejak diluncurkan di kalangan komunitas, kampanye 12.12 Birthday Sale merupakan salah satu upaya kami untuk menyampaikan apresiasi atas dukungan seluruh ekosistem yang bekerja sama untuk melanjutkan pertumbuhan dan pertumbuhan Shopee. pengembangan. Bukan sekedar acara merayakan hari tua, kami mengoptimalkan momen spesial ini agar memberikan dampak positif yang bertahan lama. Sejalan dengan misi kami yaitu terus meningkatkan kualitas hidup seluruh pengguna, kami sangat senang hal itu 12.12 Anniversary Sale setiap tahunnya dapat terus membawa banyak manfaat bagi setiap ekosistem.” Tahun ini kita akan melihat bagaimana kinerja bisnis brand dan UMKM lokal mengalami peningkatan dengan semakin meningkatnya antusiasme pengguna terhadap produk lokal, kelengkapan dan rangkaian penawaran menarik yang memberikan keuntungan maksimal bagi pembeli, serta fitur-fitur terkini yang memberikan ruang berkreasi bagi para pembuat konten. untuk memperluas jangkauanmu.”

Meningkatkan kinerja produk UMKM lokal dan pertumbuhan merek

Tahun ini, 12.12 Anniversary Sale kembali hadir dan semakin memberikan pengaruh dalam mendukung para pelaku usaha di tengah tingginya aktivitas belanja hari raya. Dalam menjalankan peran dan fungsinya, Shopee tidak hanya memberikan sarana bagi pelaku usaha untuk menjangkau konsumennya, namun juga bekerja sama dan berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan industri lokal. Selain memberikan lebih banyak peluang melalui kampanye 12.12 Birthday Sale, Shopee juga terus memperhatikan perubahan perilaku belanja online. Perubahan tren dan preferensi yang mempengaruhi keputusan pembelian menjadi salah satu fokus utama pengembangan, sehingga inovasi yang dihadirkan Shopee memudahkan brand lokal dan UMKM untuk terus tumbuh, adaptasi dan mobilitas teknologi; Berbelanja melalui fitur live menjadi daya tarik utama tahun ini dengan pengalaman unik dan menyenangkan. Sesi Shopee Live menarik banyak perhatian dengan mencatatkan peningkatan transaksi lebih dari 49 kali lipat pada puncak 12.12. Motivasi yang tinggi ini membuka lebih banyak peluang bagi pengusaha lokal untuk meningkatkan kinerja dan penjualan. Konten visual yang kreatif dan informatif dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Shopee Video merupakan ruang kreatif bagi UMKM dan brand lokal untuk memberikan informasi dan hiburan mengenai produknya melalui konten yang menarik. Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan fitur ini, dimana pada puncak kampanye peningkatan pesanan melalui Video Shopee mencapai 45 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Peningkatan signifikan produk lokal pada kategori fashion dan kecantikan

Sepanjang kampanye 12.12 Anniversary Sale, kehadiran tema berbeda setiap harinya bagi pengguna memberikan wadah bagi brand lokal dan UMKM untuk menonjolkan produknya secara maksimal. Pada kampanye 12.12, hari bertema Payjian Sale, Super Beauty Day, Bonus Akhir Tahun 12 M Day, Fashion Day dan Shopee Video Day mencatatkan aktivitas belanja yang lebih tinggi. Berdasarkan 2 kategori brand lokal dan UMKM yang masih menjadi favorit pengguna, produk lokal yang terjual pada kategori fashion meningkat 6 kali lipat dan kategori kecantikan meningkat lebih dari 8 kali lipat hingga puncak kampanye. Ada fakta menarik mengenai kecenderungan pengguna Shopee membeli produk merek lokal dan UMKM pada kampanye 12.12; Beberapa produk lokal dari kategori Fashion dan Kecantikan terus menempati podium teratas sebagai produk yang paling banyak dicari oleh pengguna. Brand lokal dan UMKM terus berinovasi dengan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Tren pakaian yang selalu berubah juga menginspirasi anak-anak tanah air untuk terus berkreasi. Jeans, jam tangan, dan kemeja menjadi tiga produk yang paling banyak dicari pengguna di kategori fashion. Di sisi lain, produk kecantikan lokal seperti parfum, krim bibir, dan pelembab menunjukkan keunggulannya. Menariknya, kategori Gift Set dan Baskets juga menjadi favorit di kampanye 12.12. Kebiasaan masyarakat berbagi hampers Natal dan Tahun Baru juga didukung oleh brand lokal dan UMKM, dimana kartu ucapan dan kertas kado menjadi produk pilihan dalam menyiapkan hampers akhir tahun untuk kampanye 12.12 ini.

Perayaan promosi eksklusif menambah daya tarik bagi pengguna

Berbeda dari kampanye sebelumnya, pada 12.12 Anniversary Sale kali ini, Shopee menghadirkan Festival Promosi dan Bonus Liburan senilai 12 juta yang menawarkan cara berbeda bagi pengguna untuk memaksimalkan pengalaman belanja liburannya. Salah satu yang paling dinantikan adalah Flash Sale 12 RB. Antusiasme untuk berpartisipasi dan mendapatkan produk pilihan dengan harga 12 ribu terlihat pada hari puncak kampanye, baik untuk produk khusus seperti mobil, sepeda motor, iPhone, emas dan lain-lain.

Keseruan kampanye ShopeePay 12.12 Birthday Deals yang menghadirkan beragam promo menarik terlihat dari meningkatnya minat pengguna dibandingkan kampanye double date bulan lalu, serta semakin banyaknya pengguna baru yang menggunakan QRIS dengan dana ShopeePay atau SPayLater. . sumber. Pada kampanye ini, fitur pembayaran QRIS menggunakan ShopeePay atau SPayLater paling banyak digunakan pengguna untuk pembelian berbagai kategori seperti pembelian kebutuhan sehari-hari, makanan dan minuman, pembelian paket streaming, dan pembayaran parkir.

Total transaksi melalui fitur Gratis Transfer ke Bank Mana Pun juga meningkat didukung dengan promo Cashback hingga 120 ribu. Selain kota besar, kota Sidoarjo, Palembang, dan Makassar tercatat menjadi tempat dengan transaksi transfer terbesar selama kampanye.

Pengguna juga memanfaatkan kemeriahan kampanye diskon ulang tahun 12.12 ShopeeFood untuk menemukan flash sale berbagai kuliner. Olahan Mie, Burger, dan Nasi Ayam menjadi yang paling banyak diminta pengguna melalui promosi Flash Sale selama kampanye.

“Shopee sangat berterima kasih atas kontribusi positif dan kolaborasi yang dilakukan seluruh ekosistem pada tahun 2023. Penutupan tahun yang baik diharapkan dapat menjadi penyemangat dan motivasi bagi Shopee untuk terus memberikan peluang, dukungan, dan inovasi yang dapat dilakukan. dari seluruh masyarakat Indonesia.” Mônica tutup.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis di App Store atau Google Play Store dan aktifkan ShopeePay untuk pengalaman berbelanja yang lebih nyaman dan nyaman. Survei INDEF: Program Pelatihan Terpopuler Kampus UMKM Shopee Dongkrak Keterampilan Digital Peserta UMKM Penelitian ini mengungkap bahwa penggunaan platform bisnis digital dapat membantu peserta UMKM meningkatkan omzet usaha dan menciptakan lapangan kerja baru. infosurabaya.com.co.id 30 Januari 2024