Tegas, Sri Mulyani Minta Anak Buahnya Netral di Pemilu 2024

Tegas Sri Mulyani Minta Anak Buahnya Netral Di Pemilu 2024 7fe5b63.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta jajarannya menjaga netralitas jelang Pilpres 2024.

“Di tahun Pilkada mohon diperhatikan pendapat kami, netralitas sudah menjadi perlu,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya yang diumumkan, Kamis (25/1/2024).

Dia menjelaskan, sebagai individu, ASN selalu bisa mempunyai pilihan di Kementerian Keuangan di daerah pemilihan. Namun, sikap netral harus tetap diutamakan.

“Anda boleh mempunyai pilihan apa pun saat berada di kotak suara. Ini adalah nilai yang menunjukkan bahwa kita sebagai masyarakat diatur oleh hukum dan diatur oleh keadilan,” ujarnya.

Menurutnya, ASN harus netral yang diatur dalam beberapa ketentuan, mulai dari Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2004, hingga Surat Perintah Bersama (SKB) Menteri PAN. -RB, Kementerian Pertanian, BKN, KASN, dan Bawaslu Nomor 2 Tahun 2022.

Selain menjaga netralitas, dalam pertemuan dengan jajaran Direktur Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) ia juga berpesan untuk terus melakukan pembenahan dan evaluasi kinerja bea dan perpajakan. Mengingat, situasi perekonomian masih menghadapi berbagai tantangan.