Berjumpa dengan Menlu Retno, SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia pada Simulasi Sidang PBB di AS

Berjumpa Dengan Menlu Retno Sma Labschool Jakarta Wakili Indonesia Pada Simulasi Sidang Pbb Di As C21f3df.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Jakarta – SMA Labschool Jakarta mewakili Indonesia dalam kompetisi simulasi PBB tahunan tingkat internasional. Bertajuk Harvard Model United Nations (HMUN) yang diselenggarakan oleh Harvard University pada 25-28 Januari 2024 di Sheraton Hotel, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri, berkunjung

Kebanggaan dan kegembiraan yang luar biasa kali ini dirasakan oleh delegasi SMA Labschool Jakarta pada rangkaian HMUN 2024. Para mahasiswa tersebut bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menghadiri agenda sidang di Dewan Keamanan PBB.

“Di tengah kesibukannya, ketika Menteri mendengar delegasi Labschool juga berada di Markas Besar PBB, New York pada hari Senin 22 Januari 2024, beliau bersedia meluangkan waktu untuk bertemu dengan kami,” kata Ketua Labschool Jakarta. Sekolah menengah atas. . Suparno Sastro, dalam keterangan resmi, Sabtu (27/1/2024).

Baca juga: 29 Siswa SMA Labschool Jakarta Wakili Indonesia di AYIMUN Malaysia

Dalam pertemuan tersebut, Menlu yang didampingi Duta Besar Indonesia untuk PBB Armantha Nasir dan diplomat lainnya berpesan kepada para mahasiswa untuk optimis menatap masa depan, membangun hubungan global dan berpartisipasi lebih baik dalam pembangunan kembali. Dunia. Sebab, tantangan generasi mendatang semakin kompleks.

Menlu Retno juga menyampaikan peran aktif dan strategis Indonesia dalam kancah politik global untuk mencapai perdamaian dunia.

Bersaing dengan 4.000 siswa dari berbagai negara

Kembali ke HMUN, kompetisi HMUN 2024 merupakan konferensi ke-71 yang memakan waktu cukup lama. Harvard MUN adalah kompetisi simulasi sesi PBB tertua dan paling bergengsi di dunia.

SMA Labschool Jakarta rutin mengikuti HMUN sejak tahun 2014. Kali ini sekolah di Jakarta Timur tersebut mendatangkan 40 siswa beserta guru pembimbing Satriwan Salim, Nunik Kurniasih, Ivan Kurniadi dan kepala sekolah Suprano Sastro.

Angela Dela Cruz, Sekretaris Jenderal HMUN 2024, dalam sambutan pembukaannya mengatakan Harvard MUN 2024 diikuti oleh 4.000 siswa SMA yang berasal dari 250 sekolah di 50 negara.

Superno Sastro mengatakan keikutsertaan Labschool dalam HMUN merupakan sebuah tantangan untuk menguji wawasan dan kemampuan berdebat serta bernegosiasi mahasiswa. Dan juga kecepatan kerja sama internasional dan pembangunan jaringan.

Baca juga: Labschool Berikan Ruang bagi Siswa untuk Beraktualisasi Melalui Konser Musik Klasik

“Ini adalah kesempatan besar bagi siswa kita untuk berkomunikasi melintasi keberagaman global, bernalar kritis, mencontohkan diri sebagai diplomat dan kreatif dalam pengambilan keputusan. Hal ini akan membantu mengembangkan profil siswa Panchashila dalam penerapan kurikulum mandiri. Hal ini merupakan wujud nyata dari, ” dia berkata. Dikatakan.

Lebih lanjut dikatakannya, para siswa mengikuti serangkaian pelatihan di sekolah tersebut selama empat bulan.

Ini adalah kesempatan luar biasa untuk memenuhi undangan Harvard. Meski ada menang dan kalah dalam kompetisi, itu wajar. Tapi untuk membangun kepercayaan dan menunjukkan kepemimpinan di antara 4.000 mahasiswa dari 50 negara. luar biasa. .” Kata Dokter UNJ.

Salah satu delegasi, Muhammad Rafi Rahmadana, mengatakan mimpinya bisa mendapat pijakan di Amerika Serikat lalu kuliah di HMUN dan mengunjungi Harvard University.

“Program HMUN cukup ketat, kami dilatih berbulan-bulan untuk berdebat, bernegosiasi, memimpin koalisi, melakukan penelitian, menulis position paper. Apalagi di sini musim dingin, suhu di bawah minus 7 derajat, berbeda jauh dengan Indonesia. Tapi saya terkesan dan senang bisa masuk Harvard,” tutupnya.