Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Begini Tips dari Psikolog Pendidikan Universitas Airlangga

Bingung Pilih Jurusan Kuliah Begini Tips Dari Psikolog Pendidikan Universitas Airlangga 4003844.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

Surabaya – Masih bingung memilih jurusan kuliah di tahun 2024? Tips memilih mahasiswi berikut ini bisa Anda coba dari Ivan Wahyu Widayat MPSSI, psikolog pendidikan Universitas Langueda (Unair).

Siswa sekolah menengah seringkali menghadapi tekanan dalam memilih jurusan perguruan tinggi. Keputusan ini bukanlah keputusan yang bisa dianggap enteng mengingat luasnya cakupan jurusan perguruan tinggi. Di sisi lain, banyak dari mereka yang masih belum mengetahui potensi dirinya sehingga menyulitkan mereka dalam mengambil keputusan.

Ivan Vahyu Widayat Psikolog MPSI, Psikolog Pendidikan Uniair mengatakan, penting untuk mengetahui dan mengembangkan potensi diri sejak dini ketika memilih mahasiswa. Bagi mereka, mengetahui potensi diri merupakan langkah awal yang penting menuju pendidikan tinggi dan karir masa depan.

“Dengan mengetahui potensi diri, kita bisa lebih memahami kelebihan dan kekurangan diri. Hal ini dapat membantu kita dalam menentukan jenis karir atau pendidikan tinggi apa yang paling cocok berdasarkan potensi yang kita miliki,” ujarnya.

Tips mengenali potensi diri

Ivan Wahyu menyoroti beberapa cara untuk menemukan potensi diri. Melihat pengalaman hidup kita sendiri, antara lain hal apa yang kita sukai, aktivitas apa yang paling sering kita lakukan, dan di mana kita bisa memberikan kinerja terbaik atau usaha yang optimal.

Selain itu, kita juga dapat menghadapi berbagai tantangan aktivitas yang berpeluang untuk mengeluarkan potensi diri. Misalnya dengan banyak terlibat dalam berbagai kegiatan sekolah atau organisasi eksternal dengan berbagai posisi tanggung jawab.

Selain itu, dengan mengikuti berbagai kegiatan dan meminta bantuan psikolog atau konselor sekolah juga dapat membuka wawasan lebih dalam tentang diri kita, ujarnya.

Bagaimana Cara Menentukan Jurusan Perguruan Tinggi yang Tepat?

Namun masih banyak siswa yang sudah mengetahui potensi dirinya namun masih bingung memilih mata pelajaran. Menurut Ivan, hal tersebut bisa diprediksi dengan menetapkan tujuan awal karir di masa depan. Namun karir ini memiliki arti yang lebih luas. Berbeda dengan memilih pekerjaan atau profesi.

Jika Anda memiliki pilihan yang lebih spesifik, Anda dapat melihat informasi rinci tentang pilihan karir yang Anda pilih. Misalnya dengan berdiskusi dengan saudara, tetangga, atau kenalan yang bekerja di bidang pilihan Anda. Anda juga bisa membaca biografi beberapa orang atau selebriti yang bekerja di bidang tersebut.

“Jangan ragu untuk mendiskusikan hal ini dengan konselor sekolah atau psikolog pendidikan. Acara seperti career fair atau bursa kerja dapat memberikan gambaran yang jelas tentang berbagai pekerjaan dan jurusan,” ujarnya.

Wahoo menyampaikan bahwa modal dasar yang diperlukan untuk sukses dalam berkarir adalah kemampuan belajar, memajukan diri, dan beradaptasi terhadap perubahan. Dengan mengetahui dan mengembangkan potensi diri serta terbuka terhadap perubahan, mereka dapat mengarahkan diri menuju masa depan yang sukses dan memuaskan.