UIN Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023: Bukti Jihad Santri, Jayakan Negeri

Uin Bandung Gelar Malam Puncak Hari Santri 2023 Bukti Jihad Santri Jayakan Negeri D537ff7.jpg
Zehan
Zehan
Print PDF

BANDUNG – Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Dajati Bandung (UIN SGD) menggelar malam puncak perayaan Hari Santri 2023 dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di Gedung Anwar Musaddad, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (21/10/2023). .

Hari Sentinel Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya merupakan perayaan yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015.

Perayaan tersebut diakhiri dengan pembacaan Sholawat, Mahalul Qiyam dan Tabligh Akbar oleh Dr. KH Yayana Mulyana, M.A.G.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Sunan Gunung Dajati Bandung, Prof. H. Rosihon Anwar, M.Ag., mengatakan perayaan Hari Orang Suci merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas jasa dan perjuangan para wali berjuang. untuk negara Indonesia.

“Kami senang perayaan Hari Santri berlangsung semarak dan sukses. Kami harap ini bukan sekadar formalitas. Momen mengenang jasa para Santri yang berjuang demi Indonesia tercinta. berakhir besok, tapi semangat Santri akan selalu menyertai kita semua.”

Dalam acara wasiat kampus, Prof Rosihon Anwar menjelaskan: “Kita semua adalah perajin dan cinta damai, bercirikan kemandirian, keterbukaan pikiran, inovasi, kreativitas dan semangat untuk mengatasi segala tantangan. Ini merupakan wujud rasa syukur kita kepada Allah SWT.”

Peringatan HSN Tahun 2023 Direktur Jenderal dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni III, Prof. Husnul Qodim, S.Ag., M.A., menjelaskan, peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Keagamaan Islam. pesantren dan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri.

Tema peringatan Hari Santri tahun 2023 adalah “Santri Jihad untuk Kemuliaan Negara” sebagaimana tertuang dalam surat edaran Menteri Agama. Tema ini bertujuan untuk merayakan semangat dan dedikasi siswa sebagai pahlawan pendidikan dan perjuangan mereka melawan kesalahpahaman, ketidaktahuan dan keterbelakangan.

Prof. Husnul Kodim: “Makna Jihad telah berubah di zaman yang penuh tantangan. Jihad tidak lagi hanya mengacu pada perjuangan fisik, tetapi perjuangan intelektual yang penuh semangat.”

Santri dianggap sebagai garda depan dalam memerangi kesalahpahaman dan ketidaktahuan. Mereka adalah pejuang ilmu pengetahuan yang senantiasa mencari ilmu dan hikmah.

Dalam tradisi Islam, jihad intelektual digunakan untuk membela nilai-nilai keadilan, perdamaian dan pengetahuan. Mahasiswa Islam dianggap sebagai contoh utama dalam melancarkan jihad ini, dengan menggunakan buku sebagai senjata dan pena sebagai alat untuk menyebarkan pengetahuan.

Selain itu, pelaksanaan Hari Santri akan diisi dengan diskusi, seminar, dan pameran yang menyoroti kontribusi Santri bagi negara. Malam puncak peringatan Hari Santri juga diperingati pada perayaan Maulid Nabi, meliputi salat, Mahalul Qiyam dan pembacaan Tabligh Akbar.

Sahara Natasya, jurusan Bahasa dan Sastra Arab, mengungkapkan kegembiraannya atas peringatan HSN tahun 2023 ini dan menggambarkannya sebagai pengalaman istimewa. Ia berharap peringatan Hari Santri dapat berlangsung terus menerus di tahun-tahun mendatang juga.

Malam puncak perayaan Hari Santri Tahun 2023 di UIN Sunan Gunung Dajati Bandung ini dihadiri oleh beberapa pejabat antara lain pimpinan universitas, dekan, dosen, mahasiswa, alumni dan pihak terkait. Ritual ini menjadi bukti nyata semangat jihad Santri dalam mendukung kemajuan Indonesia. (CGPT) Prabowo Subianto akan lanjutkan program inkubasi bisnis pesantren dari Jokowi Presiden atau calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyatakan akan melanjutkan program inkubasi bisnis pesantren. Di era Jokowi juga ada Sinterklaas infosurabaya.com.co.id 17 Desember 2023